Tuesday, March 26, 2013

MEMAHAMI DASAR-DASAR LITURGI



Judul          : BUKU SAKU MISDINAR
Penulis                      : Leonardus Amuristian Daely
                     T.Subaryani D.H.Soediro
Penerbit    :  OBOR, Jakarta: 2012
Tebal          : xviii + 135 halaman

                Gereja Katolik dikenal sebagai Gereja yang memiliki begitu banyak simbol yang digunakan dalam kehidupan rohani. Simbol-simbol itu sebagai sarana yang bisa membantu umat dalam memahami arti dan tata gerak dalam liturgi. Banyak sarana dan simbol yang dipakai,  tidak semua umat tahu tentang fungsi dan kegunaannya. Pengetahuan dasar tentang liturgi mesti diketahui oleh umat agar dalam menghadiri sebuah perayaan Ekaristi, umat bisa mendalami makna dibalik Ekaristi itu.
                Yani dan Leo, penyusun “Buku Saku Misdinar” mempunyai pengalaman tersendiri ketika mereka terlibat sebagai misdinar. Keterlibatan mereka tidak hanya sebagai pelaku  yang pasif tetapi juga kritis dalam  menemui pelbagai persoalan terutama pengetahuan yang minim dari para misdinar. Memang, liturgi menjadi hidup ketika seluruh tata perayaan tertata rapih dan petugas misdinar sudah mempersiapkan diri secara baik.
                Dalam pengantar buku ini, RD. Fabie Sebastian.H menegaskan bahwa suasana sakral atau kacaunya perayaan liturgi juga amat dipengaruhi oleh mereka. “Para misdinar yang ngawur, ceroboh, gugup, bingung dan tidak paham tentang perannya akan mengacaukan sebuah upacara yang agung dan mulia. Para misdinar yang “ketawa-ketiwi,” bercanda dengan teman lainnya di sekitar altar, dengan sendirinya akan merusak kesakralan perayaan liturgi.” Apa yang dikatakan oleh RD. Fabie Sebastian.H merupakan suatu fenomena yang sedang terjadi di seputar altar. Apa yang harus dilakukan supaya situasi-situasi yang semrawut di sekitar altar tidak terulang lagi? Cara paling sederhana adalah memberikan pemahaman tentang pentingnya perayaan Ekaristi sebagai jantung kehidupan iman orang Katolik  karena di dalamnya  Kristus sendiri “membagi diri” sebagai santapan rohani.
                Melalui buku sederhana ini, penulis mengajak para misdinar dan siapa pun yang ingin mengetahui secara pasti tentang tata perayaan Ekaristi untuk memahami seluruh simbol yang digunakan dalam perayaan tersebut. Dengan memaknai simbol tersebut maka umat terhantar untuk mendalami misteri Ekaristi. Manusia sebagai homo symbolicum, tak pernah berhenti memaknai simbol-simbol itu karena dari simbol itu bisa membuka memori untuk mengenang dan memaknai peristiwa-peristiwa dalam perayaan Ekaristi sebagai warisan berharga. ***(Valery Kopong)  

No comments: