Friday, June 4, 2010

BALADA KAYU SALIB DAN KISAH KEBANGKITAN

“Di kala Yesus disambut di gerbang Yerusalem
Umat bagai lautani…”
Begitulah penggalan syair lagu yang dinyanyikan oleh paduan suara Tarsisius Vireta pada Minggu Palma. Lagu ini menunjukkan betapa antusiasme umat manusia terhadap kehadiran Yesus saat memasuki kota Yerusalem. Yesus yang menunggang keledai, sepertinya digiring secara lugu, mirip keledai tunggangan-Nya menuju gerbang kota Yerusalem. Apakah sorak-sorai dan gegap gempita umat menggiring masuk Sang Raja menunjukkan, betapa kepedulian mereka terhadap-Nya? Yesus sendiri tahu bahwa memasuki gerbang Yerusalem menjadi titik awal Ia masuk ke gerbang penderitaan. Ia tahu bahwa jalan yang harus dilalui adalah jalan menuju derita, tetapi sangat mengherankan bahwa Ia (Yesus) melakoni hidup dan perutusan-Nya ini dengan tenang.
Di gerbang Yerusalem, Yesus memperlihatkan seorang manusia yang lemah lembut, manusia yang tidak menyombongkan diri, walaupun Ia berada di tengah “ruang sorak-sorai.” Dalam kotbahnya di Minggu Palma, Romo Sriyanto menekankan kelemah-lembutan Yesus yang bersedia di sorak-sorai bahkan dicaci-maki. Ketika Yesus diolok-olok, dicaci-maki tapi Ia tidak pernah marah. Dalam peristiwa ini kita diajak untuk menyingkirkan perbuatan-perbuatan kita yang kadang kita rancang untuk menyingkirkan orang lain. Kita tiru semangat dan pengorbanan Yesus yang selalu menekuni jalan kesengsaraan ini.
Mencari Format Pelayanan
Dalam Paskah Yahudi, yang dikenang adalah pembebasan orang-orang Israel dari perbudakan Mesir. Paskah Yahudi merupakan budaya yang diadakan untuk mengenang masa lampau dan dalam perjamuan itu mereka makan roti dan sayuran pahit serta anak domba yang dibakar. Bukan soal makan yang dibicarakan tetapi ciri khas perjamuan ini adalah mereka memakan dengan tongkat di tangan dan pinggan yang terikat. Dalam kitab keluaran (eksodus), tongkat di tangan menjadi simbol kesiap-siagaan Bani Israel untuk menunggu Tuhan datang dan melawat umat-Nya.
Perjanjian Baru berbicara sesuatu yang berbeda tetapi memiliki kesamaan intinya. Kalau Perjanjian Lama mengenang Allah yang melawat umat-Nya yang sedang dalam perderitaan oleh perbudakan Mesir maka Paskah Yesus, kita mengenangkan peristiwa di mana Allah membebaskan umat-Nya dari noda dosa asal melalui Yesus Putera-Nya. Sebelum memulai penderitaan, Yesus mengadakan perjamuan malam terakhir bersama Yesus. Pada kesempatan itu Yesus sendiri membasuh kaki para rasul dan apa yang dilakukan ini juga merupakan sebuah tradisi Yahudi ketika mengadakan sebuah pesta. Kaki dan tangan mesti dibasuh sebelum masuk ke dalam ruang pesta. Tetapi mengapa Yesus yang membasuh kaki dan bukan yang lain? Apa yang dilakukan Yesus tidak dipahami oleh para murid-Nya dan di kemudian hari barulah mereka tahu arti pembasuhan kaki yang diperlihatkan Yesus pada para murid-Nya. “Mengertikah kamu akan perbuatan ini?”
Dalam kisah pembasuhan kaki para murid, Yesus sendiri meninggalkan sebuah kisah kerendahan hati yang mendalam di antara para rasul dan kita semua sebagai pengikut-Nya. “Hendaklah kamu semua saling melayani.” Perayaan malam perjamuan merupakan puncak iman karena di dalamnya Yesus sendiri menyerahkan diri sebagai santapan rohani. Karena itu setiap kali kita merayakan ekaristi, kita menerima kehadiran Yesus untuk menjiwai hidup kita. “Dalam kerapuhan dan ketakberdayaan Yesus, kita dikuatkan. Roh Tuhan senantiasa bekerja sehingga pelayanan Tuhan bekerja dalam diri kita dan kasih yang sama kita terapkan dalam keluarga dan lingkungan sekitar kita,” tegas Romo Heru, SJ di penghujung khotbahnya.
Pada misa ke 2 kamis putih yang dipimpin oleh Romo Edi, ia menekankan pembersihan diri. Sebelum masuk ke ruang pesta, setiap undangan harus membasuh diri terlebih dahulu. Perjamuan malam terakhir, memperlihatkan Yesus sebagai tuan pesta. Dia berani membasuh kaki para murid untuk mengatakan pada kita bahwa setiap manusia adalah terhormat, karena itu perlu dilayani. Yesus memberi contoh atau teladan sekaligus mengingatkan kita bahwa dalam peristiwa pembasuhan juga Yesus menceritakan tentang asal dan tujuan hidup manusia yaitu dari Allah sendiri. Apa yang berasal dari Allah adalah sesuatu yang berharga dan karena itu tidak disepelehkan.
Drama Penyaliban, Membuka Ingatan Kolektif
Suasana sepi. Dunia berkabung atas wafatnya Yesus Kristus di atas kayu salib. Sebuah kematian yang sangat tragis tetapi harus juga dijalani demi umat manusia. Kisah kematian ini tetap dipilin menjadi sebuah “ingatan kolektif” karena di balik peristiwa ini, ada harapan baru yang menyelamatkan dan memberdayakan iman umat manusia.
Jumat Agung, sebuah hari yang menawarkan suasana sepi dari hari-hari lain. Tapi di pucuk sore itu, di bawah rimbunan pohon-pohon masih terdengar suara para dramawan yang mendramatisasikan kisah ini dengan hikmat. Umat dihantar untuk memasuki gerbang keheningan untuk pada akhirnya memahami bahwa kisah ini hanyalah pengulangan masa silam yang dialami oleh Yesus sendiri. Ia mengalami pergulatan hebat di taman Getzemani, hingga mengeluarkan peluh berdarah.
Penderitaan tidak selamanya membawa kemalangan. Apa yang dialami oleh Yesus merupakan sebuah cara yang ditawarkan Allah untuk menebus dosa manusia. Apakah Yesus gentar ketika berhadapan dengan penderitaan? Sebagai manusia, tentunya di dalam diri Yesus muncul rasa takut namun Allah yang mengutus-Nya senantiasa membimbing Dia untuk sampai pada kesudahannya. Penderitaan, menurut Romo Swasono dalam khotbahnya, tidak pernah menggetarkan iman kita akan Dia. Namun derita, sengsara dan kebangkitan-Nya memperkuat iman kita akan Yesus dan berani mengakui sebagai Allah yang hidup dan menyelamatkan.
Kisah Kebangkitan
Yesus sebagai penyelamat, tentunya diharapkan oleh banyak orang. Peristiwa sengsara dan kematian-Nya seakan membawa keputus-asaan bagi mereka yang setia menemani-Nya. Dalam kotbah di malam Paskah, Romo Yosef Situmorang mengatakan bahwa perempuan-perempuan yang menjadi saksi atas kekosongan kubur adalah pengikut Yesus selama Ia masih hidup dan berkarya. Mereka tahu bahwa Yesus adalah Mesias dan karena itu menaruh harapan yang besar pada-Nya.
Perempuan-perempuan yang mengikuti Yesus adalah orang-orang yang sederhana. Dalam kesederhanaan itu mereka menaruh harapan penuh pada “pundak Yesus” akan hidup itu sendiri. Peristiwa kematian menjadi moment yang dapat mengguncang iman mereka pada-Nya. Dia yang diharapkan menjadi penyelamat ternyata mati di kayu salib, mirip manusia pesakitan. Kekecewaan yang dialami oleh perempuan-perempuan tidak berlarut-larut. Kekosongan kubur Yesus menjadi sebuah bukti kebangkitan Yesus dan berita utama untuk perempuan-perempuan dalam mewartakan cerita (balada) kebangkitan-Nya. Yesus telah bangkit, mari kita pergi mewartakan kabar itu ke penjuru dunia seperti yang diwartakan oleh perempuan-perempuan terdahulu.***
PERJAMUAN AKHIR

Oleh: Valery Kopong*

Sebelum pamit dari rumah untuk memulai hidup di perantauan, kami sekeluarga mengadakan makan malam bersama. Ini merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan keluargaku setiap melepaskan salah seorang anggota keluarga sebelum bepergian jauh. Makan malam menjadi berharga dan nilainya jauh lebih tinggi ketimbang makan malam bersama tanpa melepaskan salah seorang anggota keluarga. Mengapa perlu mengadakan perjamuan malam sebelum melepaspergikan seseorang?
Bagi saya, perjamuan makan malam bersama keluarga sebelum merantau untuk sekian tahun adalah sebuah pengalaman historis yang tak pernah saya lupakan. Dalam moment yang cukup mendebarkan itu, bapak dan mamaku memberikan pesan-pesan terakhir. “Nak, besok kamu pergi untuk memulai hidup baru. Jagalah baik-baik kaki-tangan dan mulut.” Pesan sederhana ini menyiratkan sebuah makna yang mendalam. Pesan ini berarti bahwa setiap kali kita bepergian jauh maupun dekat, yang perlu diperhatikan adalah tingkah laku dan perbuatan serta tutur kata yang diucapkan. Apabila kita membangun relasi baik dengan sesama maka pola tingkah laku selalu berada dalam koridor nilai dan norma yang berlaku. Demikian juga penuturan kita saat bertemu dan berinteraksi dengan sesama.
Keesokan harinya, sebelum kaki ini melangkah meninggalkan rumah tercinta, dari mulut kedua orang tuaku terucap kata, “jangan lupa untuk pulang kampung.” Rumah adalah tempat kita memulai hidup. Rumah di sini tidak hanya mencakup bangunan secara fisik tetapi lebih dari itu rumah adalah “ruang pengharapan” yang selalu terbuka pintunya secara lebar untuk melepaspergikan anggota keluarga dan menerima kembali anggotanya. Rumah adalah “ruang inspirasi” yang memberikan spirit. Rumah sebagai tempat terakhir kami berlabuh setelah berjuang dalam kisaran ruang dan waktu, juga menjadi tempat pertemuan manusia dengan identitas masing-masing serta pola pikir yang sudah terkontaminase dengan glamournya kehidupan kota. Kota telah memperlihatkan daya tariknya pada manusia sehingga mereka dapat dengan leluasa mencari sepenggal hidup di “ruang polusif” itu. Tetapi separoh nafas mereka berada di jantung desa yang senantiasa menunggu untuk merangkulnya. Rumah telah merangkulnya kembali setelah sekian lama didera oleh belenggu kota.
Sebelum menjalani penderitaan, Yesus mengadakan perjamuan terakhir bersama para muridNya. Perjamuan yang terselenggara merupakan “pesta pelepasan” sederhana sebelum Ia diserahkan ke tangan-tangan para penyamun. Pesta perjamuan yang diperkenalkan Yesus telah menjadi perjamuan abadi. Dalam perjamuan itu Ia mengambil roti dan memecahkan lalu membagi kepada para muridNya. Demikian juga Ia mengambil piala yang berisi anggur. Perjamuan terakhir karenanya, lebih dikenal sebagai perjamuan cinta kasih karena Yesus memperlihatkan nilai-nilai pelayanan kepada para murid dan dengan suatu harapan, nilai-nilai pelayanan dan cinta kasih dapat dipancar-teruskan dalam kehidupan sehari-sehari bagi umat yang percaya kepadaNya.
Hampir setiap kali menghadiri perayaan ekaristi, aku selalu teringat suasana makan sederhana di saat aku dilepaskan oleh orang tuaku. Makan malam, perjamuan bersejarah itu tetap terkenang dalam memori hidupku dan terus mengingatkan aku untuk kembali ke “ruang perjamuan,” ruang persaudaraan yang selalu mengikat aku dalam pesan-pesan bijak.***
“SAATKU BELUM TIBA”
Pengantar: Tim Voluntas berhasil mewawancari Bunda Maria seputar perkawinan di Kana di Galilea. Kisah ini dimunculkan berkenaan dengan tema Voluntas mengenai keluarga. Sebagai umat beriman, kita mencontohi keluarga Nazareth di mana Maria sebagai ibu Tuhan memainkan peranan penting dalam kehidupan Yesus. Berikut petikan wawancara
=================================================================================
Selamat bertemu Bunda. Perkenalkan, nama saya Valery, Redaktur senior majalah Voluntas, sebuah majalah milik stasi Santo Gregorius. Apakah Bunda ada waktu untuk kita ngobrol bersama seputar kisah perkawinan di Kana?
“Oh, boleh,” jawab Bunda. Kalau untuk Voluntas, saya menyediakan waktu. Kira-kira apa yang mau ditanyakan?
Begini Bunda. Seperti yang diceritakan dalam kitab suci bahwa perkawinan di Kana merupakan moment yang tepat bagi Yesus untuk mengadakan mukjizat. Bolehkan Bunda cerita sedikit mengenai peristiwa itu?
Kami sekeluarga diundang untuk menghadiri pesta itu. Pesta perkawinan itu merupakan pesta akbar dan merupakan taruhan nama baik keluarga kedua mempelai. Pertaruhan nama baik yang dimaksudkan di sini adalah bagaimana tuan pesta menjamu para undangan, apakah memuaskan para undangan yang hadir atau tidak? Letak keberhasilan sebuah pesta, terletak pada tingkat kepuasan para undangan yang hadir.
Tingkat kepuasan seperti apa yang dialami dalam sebuah pesta?
Dalam konteks budaya Yahudi dan juga budaya-budaya lain di Indonesia, kepuasan para pengunjung pesta (para undangan) terletak pada aspek lahiriah, seperti penataan tempat (dekorasi) tetapi yang lebih penting adalah makanan dan minuman. Persoalan makanan dan minuman menjadi ukuran sekaligus memberi warna sebuah pesta. Apabila makanan dan minuman tidak terpenuhi secara baik maka orang akan pulang dengan sungut dan gerutu. Ini merupakan pratanda tidak baik bagi promosi nama baik keluarga kedua belah pihak. Minuman menjadi ciri khas dan penentu kualitas sebuah pesta. Tanpa minuman, pesta sepertinya tidak mempunyai nyawa.
Lalu bagaimana dengan peristiwa di mana tuan pesta yang kekurangan anggur? Dari mana mereka tahu bahwa di situ ada Yesus bersama ibu-Nya?
Mereka memiliki daftar orang-orang yang diundang. Namun peristiwa ini merupakan momentum yang tepat untuk memperkenalkan Yesus ke hadapan publik. Ada gerakan Ilahi yang mendorong salah seorang tuan pesta untuk menemui saya. Ini saya lihat sebagai jalan Allah untuk memperkenalkan Yesus ke hadapan publik. Undangan yang hadir merupakan representan (mewakili) manusia secara keseluruhan. Apa yang akan dilakukan Yesus merupakan tindakan Allah terhadap manusia dalam menyelamatkan peristiwa kekurangan anggur. Sebagai seorang ibu sekaligus undangan, hatiku sepertinya terketuk untuk berbuat sesuatu untuk bisa menyelamatkan situasi.
Ketika Bunda menyampaikan hal tersebut, terutama soal kekurangan anggur, apa reaksi Yesus saat mendengar tawaran dari Bunda?
Kamu tentu tahu bahwa Yesus ketika kecil sangat malu untuk memperkenalkan diri saat berhadapan dengan orang lain. Ketika saya menyampaikan peristiwa kekurangan anggur yang dialami oleh tuan pesta, Ia sendiri terkesan tidak bisa berbuat banyak. Sampai pada akhirnya Ia mengatakan pada saya bahwa “saat-Ku belum tiba.”
Kalimat “saat-Ku belum tiba” menjadi sebuah tafsiran yang menarik bagi para teolog dan para ekseget (ahli kitab suci). Apa makna kalimat “saat-Ku belum tiba?”
Setiap kali Yesus mengucapkan kata-kata, tersembul sebuah kekuatan yang luar biasa. Kata-kata yang diucapkan memiliki daya atau energi tersendiri. Apa yang dikatakan-Nya ketika aku memintanya, Ia tidak menerima tawaran itu secara langsung. Ia harus mengelola tawaran itu dalam terang tuntunan Allah. Karena itu apa yang dikatakan-Nya, walaupun keluar dari mulut-Nya sendiri tetapi Allah yang sedang berbicara di dalam-Nya.
Tentang “saat” seperti yang tertulis dalam Injil Yohanes memang perlu dipahami secara mendalam terutama dalam dimensi waktu yang selalu mengitari kehidupan Yesus. Yesus selalu menyebut waktu ketika perutusan-Nya sebagai “saat”-Nya. Dalam peristiwa perkawinan di Kana, kata “saat” ini muncul lagi sebagai pemenuhan tawaran dari ibu-Nya untuk menyelamatkan tuan pesta yang kehabisan anggur. Jawaban Yesus terhadap permintaan yang diberikan oleh ibu-Nya kedengaran aneh. Tetapi apakah ini merupakan jalan dan saat yang tepat bagi-Nya untuk memperkenalkan diri-Nya di hadapan publik?
Yesus menggunakan kata “saat” untuk membahasakan misteri iman yang hidup dan perlu mendapat penggenapannya. Rekaman pertama penggunaan kata ini oleh-Nya adalah pada kisah kehabisan anggur di Kana yang dialami oleh tuan pesta. Peristiwa ini mendorong naluri keibuanku untuk berbuat suatu sebagai ungkapan nyata terhadap mereka yang kekurangan. Apa yang harus aku lakukan? Aku meminta Puteraku Yesus. “Mereka kehabisan anggur.” Yesus menjawab, “Mau apakah engkau dari Aku, Ibu? Saat-Ku belum tiba” (Yoh 2:3-4).
Mencermati apa yang dikatakan Yesus dalam teologi Yohanes memanglah sulit dan seperti mengawang, karena itu tidak mengherankan bila Injil Yohanes dilambangkan dengan burung rajawali. Seperti burung rajawali yang terbang mengawang, demikian juga dengan teologi Yohanes yang sulit untuk digapai maknanya. Untuk memahami pernyataan Yesus, “Saat-Ku belum tiba,” kita akan menangkap pola pemikiran dasarnya. Dengan menjawab demikian, sepertinya Yesus sedang membentengi diri dan mengantisipasi suatu “saat” ketika sesuatu yang lebih penting yang akan terjadi. Tetapi saat itu sekarang belum tiba.
Menyimak apa yang dikatakan Yesus terutama “saat” yang menjadi titik sentral lebih berpihak pada tiga dimensi waktu yang harus dilalui oleh Yesus yaitu saat sengsara, kematian dan kebangkitan-Nya. Apa yang dikatakan Yesus tentang “saat” yang akan melengkapi tiga dimensi waktu yang didalamnya termuat peristiwa tragis dan kemuliaan.
Hanya dengan mengatakan, “mereka kehabisan anggur,” sebetulnya aku sendiri mendesak supaya saat berahmat untuk melakukan sebuah tanda mesti terlaksana. Yesus akhirnya tahu kalau saat-nya sudah tiba, Ia akan menyediakan anggur-anggur yang paling baik. Namun perlu disadari bahwa “saat”-Nya sudah tiba tetapi “saat definitif” belumlah tiba. “Saat” di Kana merupakan titik awal pengenalan Yesus ke hadapan publik walau mukjizat yang dilakukan hanyalah tuan pesta yang tahu. Kita semua pun diundang menjadi tuan pesta agar tahu memahami arti mukjizat itu.*** (Valery Kopong)