Tuesday, February 21, 2017

SIMBOL-SIMBOL DALAM GEREJA KATOLIK

Apakah IHS itu? Arti dari Nama Yesus Yang Tersuci

3 Januari, Pesta Nama Yesus Yang Tersuci
Pada Forma Ekstraordinary, pesta Nama Yang Tersuci adalah “kelas kedua” (membuatnya menjadi sama dengan hari Minggu sepanjang tahun, lengkap dengan pendarasan Kemuliaan dan Syahadat Aku Percaya), tapi didalam Forma Ordinary peringatan Nama Yang Tersuci bahkan tidak termasuk dalam kalender setelah tahun 1970. Syukur, pesta ini kembali dirayakan sebagai peringatan (memorialoptional oleh Beato Yohanes Paulus II – kita harus berpikir bahwa Nama Ini pantas mendapatkan penghormatan setidaknya seperti ini!

Kenyataannya, asal usul Pesta Nama Yesus Yang Tersuci adalah relatif baru, tidak begitu dikenal sampai seorang Franciscan, St. Bernadine dari Siena mewartakan devosi ini pada abad ke 15. Pesta ini telah dirayakan dalam beragam cara didalam ritus Latin – pada awalnya pesta ini dirayakan pada Minggu Kedua setelah Epifani, kemudian dipindahkan ke Minggu sesudah Oktaf Natal (Minggu antara tanggal 2 Januari dan 5 Januari). Sangat diinginkan bahwa pesta ini dirayakan dekat pada hari dimana menurut sejarah Yesus menerima nama-Nya, pada hari Ia disunat (delapan hari setelah kelahiran-Nya, 1 Januari) dan dengan demikian pestanya dirayakan pada tanggal 3 Januari di dalam Novus Ordo.
Emblem “IHS” terkait dengan pesta ini, tapi apa arti IHS? kenapa IHS menjadi tanda nama Yesus?
Apa arti dari IHS sesungguhnya – Yesus
Nama Yesus, dalam bahasa Yunani, tertulis ιησους dimana jika dialih bahasakan menjadi “ihsous” dan pengucapannya adalah iēsous. Inilah Nama Yang Tersuci seperti yang tertulis di Injil.
Di dalam bahasa Ibrani , nama “Yesus” tertulis ישוע dimana jika dialih bahasakan menjadi “yeshu‘a” dan pengucapannya adalah yeshūa.
Terakhir, didalam Latin, Nama Yang Tersuci ditulis Iesus dimana didalam bahasa Inggris  menjadi “Jesus”, karena “j” sering menggantikan “i” pada awal kata (demikian juga diantara huruf vokal).

Chi (x) dan Rho (p), χριστος (Christos)
Emblem “IHS” datang dari versi latinisasi dari bahasa Yunani ιησους, (Didalam huruf kapital Yunani ini ditulis ΙΗΣΟΥΣ atau IHSOUS didalam huruf latin) mengambil tiga huruf pertama didalam huruf kapital IHS(ous). Dan simbol yang telah kita kenal “chi-ro” (gambar disebelah kanan X – P) datang dari dua huruf pertama dari huruf Kristus dalam bahasa Yunani, χριστος (Christos) – XPistos.
Inilah arti sesungguhnya dari IHS, tiga huruf pertama dari bahasa Yunani penyebutan Nama Yesus Yang Tersuci. Emblem tersebut hanya sekedar simbol dari Nama Yang Tersuci.
Iesus Hominum Salvator – Yesus Penyelamat Manusia
Sudah merupakan legenda yang terkenal bahwa IHS merupakan singkatan dari frase Latin Iesus Hominum Salvator, “Yesus Penyelamat (semua) manusia”.Walaupun ini adalah devosi yang baik, tapi secara historis tidak tepat.
Simbol IHS sangat populer sehingga tidak jarang kita menemukan Iesus dalam bahasa Latin yang salah ejaan menjadi IHeSus (dengan “H” ditambahkan, meskipun didalam bahasa Yunani huruf “h” sama saja dalam huruf Latin “e”).
Faktanya, singkatan IHS pertama kali digunakan pada abad ke 8, “DN IHSCHS REX REGNANTIUMtiga kata awal dari singkatan berasal dari “DomiNus IHeSus CHristuS”– “Tuhan Yesus Kristus Raja dari segala Raja”. Penjelasan lebih jauh tentang sejarah IHS, silahkan baca artikel Catholic Encyclopedia [disini] dan [disini].
Namun, meskipun secara historis tidak tepat, tidak ada salahnya melihat emblem ini sebagai sebuah kesaksian terhadap kebenaran bahwa  tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan (Kis 4:12). Pasti, hanya Yesus satu-satunya penyelamat dan tanpa rahmat-Nya kita tidak dapat mencapai atau bahkan menginginkan hidup yang kekal.
In Hoc Signo vinces – didalam tanda ini, engkau akan menaklukkan
Setelah tiga paku ditambahkan dibawah emblem (bersamaan dengan salib diatas nya), beberapa menyadarinya bahwa sekarang pencatatannya mengandung “V” dibawah IHS – jadi sekarang kita melihatnya IHSV. (lihat gambar disamping) kemudian bentuk ini diadopsi oleh St. Ignasius sebagai simbol Jesuit.
IHSV di interpretasikan menjadi In Hoc Signo Vinces, didalam tanda ini engkau akan menaklukkan”. Diambil sebagai referensi kemenangan, dimana Konstantine menang melawan Maxentius di Jembatan Milvian pada tanggal 28 Oktober 312. Sebelum peperangan , calon Emperor masa depan ini melihat sebuah tanda di langit (kemungkinan huruf Yunani chi-ro X-P, simbol dari Kristus) dan mendengar kalimat εν τουτω νικα, dimana dalam bahasa Yunani yang artinya “didalam tanda ini, engkau akan menaklukkan”. Frase tersebut kemudian di terjemahkan kedalam bahasa Latin dan dikenal huruf-huruf pertama pada tiap kata jika disingkat menjadi IHSV – itulah lahirnya legenda IHS yang muncul bagi penglihatan Konstantine dan Kristenisasi Roma.
Pastinya, dalam Nama Yesus Yang Tersuci kita harus menaklukkan setiap musuh – dan musuh terakhir yang akan dihancurkan adalah kematian itu sendiri.S

No comments: