Friday, September 5, 2008


Dansa tango.
Kamis, 4 September 2008 | 12:55 WIB

Bila Anda pernah menyaksikan keanggunan sepasang penari membawakan tarian waltz, tango, atau samba, Anda akan menyadari bahwa makna lantai dansa tak sekadar arena untuk bergoyang, tapi juga dalam tarian dansa itu tersimpan rahasia hidup manusia.

Secara garis besar, ada dua karakteristik dansa yang populer, yakni latin dan ballroom standar. Dansa latin, misalnya cha cha, rumba, samba, jive, dan paso double. Sedangkan yang disebut ballroom standar antara lain waltz, romantic, slow foxtrot, quick step vienese waltz, dan tango. Meski demikian, tarian-tarian ini pada dasarnya adalah luapan ekspresi perasaan, entah itu gairah, kemarahan, kesedihan, atau keindahan.

Janet Carlson, penulis buku Quick, Before the Music Stop mengatakan, baginya dansa juga berarti kegiatan menemukan diri sendiri. Menurutnya, gerakan-gerakan dansa bagaikan metafora yang menuntun kita untuk mengambil langkah tepat dalam kehidupan nyata. Dansa telah mengajarkan Carlson pada cinta, diri sendiri, juga keindahan hidup.

Mengalah
Bila Anda perhatikan, saat berdansa, pasangan penari akan bergerak berlawanan. Ketika salah seorang melangkah kakinya ke depan, pasangannya akan melangkah mundur, demikian juga sebaliknya. Konsep ini, menurut Carlson, juga bisa diterapkan dalam hubungan kita dengan orang lain. Misalnya saja, bila salah satu sedang emosi, pasangannya harus menahan diri, bergerak mundur.

It Takes Two to Tango
Dansa yang baik membutuhkan keseimbangan. Penari pria bukan yang memimpin, dan penari wanita bukanlah pengikut. Sebuah gerakan dansa adalah dialog, keduanya berkomunikasi. Bila diterapkan dalam sebuah hubungan, ini berarti butuh dua orang untuk menjaga ikatan cinta dan keduanya harus peduli pada kebutuhan pasangan. "Dalam sebuah hubungan, seperti juga dansa, tugasmu adalah membuat saya nyaman, dan tugas saya adalah membuatmu nyaman," kata Carslon.

Hiduplah saat ini
Meditasi mengajarkan kita untuk hadir pada saat ini, menikmati saat ini. "Kita sering berada di satu tempat, tapi pikiran kita mengembara ke mana-mana, tak bisa fokus sehingga kita kehilangan momen yang berharga dengan orang lain," ujar Carlson. Oleh karena itu, hadirlah seutuhnya pada suatu momen. "Buat apa tergesa-gesa, bukalah mata pada keindahan setiap momen dan biarkan diri kita tinggal di situ," katanya.

7 comments:

Anonymous said...

menurut saya..arti dansa dlm kehidupan kita adalah menghargai 1 sama lain..harus menjaga hub baik dgn pasangan maupun orang lain yang ada di sekitar kita..
kita juga harus mengerti maksud oarang lain dlm kata2 maupun gerakan..apabila orang sedang marah kita harus mencoba menenangkannya/kita harus mencoba menahan emosi kita juga untuk menjaga hub relasi yang baik dgn orang itu..katau lewat gerakan,bila kita melihar orang yg terdiam dan sama skali tidak mau bicara,,kita harus membuat orang itu lebih tenang..menenangkan pikiran orang itu bkn dgn cara marah2/dgn emosi yg meluap-luap tapi dgn pelan kita memberi nasehat/kita coba untuk membuat orang itu memikirkan hal2 positif yg ada di masalah orng itu..inti pokokny adalah dlm kehidupan kita kita harus saling menghargai, memahami orang lain dan tidak boleh egois..demikian komentar dari saya.





sulianli(26)
11 ips 3
13 sep 08

Anonymous said...

menurut saya..
arti dansa di dalam kehidupan adalah belajar untuk menyeimbangkan diri dengan pasangan maupun dengan orang lain serta belajar untuk saling mengalah..
menyeimbangkan diri dengan pasangan ataupun dengan orang lain maksudnya adalah ketika pasangan sedang emosi maka kita harus menenangkan yaitu dengan tidak saling egois ,tidak memaksakan keinginan diri sendiri dan saling memahami..



Sekian komentar dari saya..
Natalia Indrawan..
Steven Alan..
11 ips 3
15 sep 08

Anonymous said...

menurut saya arti dansa dalam kehidupan adalah untuk menunjukkan perasaan yang ada di dalam diri kita selain itu dansa juga untuk menyesuaikan perasaan kita.
lewat gerakan kita bisa menunjukkan perasaa kita ke orang lain ..pada saat kita menari dengan orang lain kita harus dapat meyesuaikan agar tercipta kesimbangan yang baik dan membuat orang yang menari dengan kita merasa nyaman.
intinya kita harus bersikap yang sesuai dengan yang nyata jangan terlalu berlebihan dalam bersikap..


demikian komentar dari saya


shella(xi ips3 )

r.hanna (xi ips3 )

15 sep 2008

Rivanny Wijaya said...

menrut saya....

dansa itu tidak hanya sarana dalam mengekspresikan suatu perasaan tetapi di dalam dansa juga banyak pelajran hidup yang kita ambil dimana ketika kedua insan mau berdansa seiring dengan gerakan pasanganya tidak bisa mamaksa kehandaknya sendiri.. hal ini juga tampak nyata dalam kehidupan sehari-hari dimana ketika kita menjalin hubungan dengan sesorang kita tidak boleh memprioritaskan ego kita..
dan seperti di dalam dansa ketika komunikasi terjalin dengan baik... maka akan tercipta gerakan yang indah.


Rivanny Wijaya
XI Ips 3
16 september 2008

Anonymous said...

dansa adlh suatu tarian yg indah & menarik.
saya sgtr mnyukai tarian tango & samba.
krn trian tsbt indh & mempesona bgi sya & sya ingin mempelajri trian tsbt tp it msthil krn gerakannya yg brbelit belit & susah.
dlm belajar brdansa membtuhkan sbh ksbaran n ktelitian, agr spasang penari dpt brineraksi dgn baik untk mncptakan sbh trian yg indh & elegant.
mnrut sya brdansa mrpakan suatu khidupan yg mncptakan suatu kesenangan trsndiri.
& jg sbg pnylur bakat & apresiasi yg digemari olh pra penari.
sekian koment dr sya
trma kasih




Winda
XI-IPS 1

Paramitha^^ said...

wah menarik sekali untuk dibaca. ternyata dari sebuah gerakan dnsa kita dapat memahami berbagai hal. dan ternyata sebuah tarian dansa ini tidak semudah yang kita pikirkan butuh kerjasama, komunikasi dan kekompakan dan juga pengertian. bahkan dari sebuah teori dansa ini pun kita dapan memahaminya dan seperti sebuah hubungan dengan sesama dimana kita perlu kerjasama juga, komunikasi, kekompakan dan juga pengertian. ini semua yang memuat saya terarik akan artikel ini. terima kasih. GBU

-paramitha XI IPS 1

Anonymous said...

Dansa merupakan suatu seni gerak yang sangat menarik. Melalui tarian dansa,seseorang bebas untuk mengekspresikan dirinya sesukanya. Dalam dansa, terutama berpasangan, kita dapat lihat bahwa orang yang satu harus dapat mengerti gerakan pasangannya.

Dansa dapat kita artikan dalam kehidupan bermasyarakat,.
Akan terjalin suatu harmonis yang indah bila satu orang dapat mengerti dan menghargai perilaku/tindakan orang lain.

Melalui hidup yang terjalin hrmonis itu, dapat terjadi suatu relasi yang baik dengan yang lain.

Sekian komentar dari saya..

^YuNuS^
XI IPS 2