Saturday, July 27, 2013

TERORISME: DULU, KINI DAN HARI ESOK



“Dulu kita mendengar bom bunuh diri hanya terjadi di daerah Afganistan dan  Irak tetapi sekarang bom bunuh diri ada di dekat dengan kita, bahkan ada di tetangga kita,” demikian dikatakan oleh Dr.Rumadi Ahmad dalam diskusi publik yang diselenggarakan oleh Forum Pemuda Lintas Agama Kota Tangerang Selatan. Diskusi publik yang berlangsung pada Kamis, 23 Mei 2013 di Restoran Telaga Seafood Bumi Serpong Damai,  dihadiri sekitar ratusan orang yang mewakili pelbagai unsur  / elemen masyarakat, terutama tokoh agama Kristen, Katolik, Budha, dan Islam.  Diskusi publik  ini dibuka oleh kabag kesbangpolimas Kota Tangerang Selatan, H.Budi Dedi Hirawan yang mewakili Ibu Wali Kota Tangerang Selatan yang tidak berkesempatan hadir. Pada kesempatan itu, Dedi Hirawan menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat agar tetap menjaga lingkungannya agar bebas dari gangguan terorisme dan sekaligus menginginkan agar Tangerang Selatan tetap kondusif.  
                Secara organisatoris, terorisme sudah dilumpuhkan tetapi tidak berarti mati secara total. Ada gerakan terorisme yang muncul secara sporadis. Dengan berkaca pada kenyataan  ini maka mendorong Abdul Rojak, MA sebagai moderator, yang  menekankan bahwa terorisme menjadi musuh bersama. Dalam memberantas terorisme ini perlu meningkatkan partisipasi masyarakat yang melihat dan mengawasi orang-orang yang berada di sekitarnya. Ketika masyarakat semakin cuek dengan situasi ini maka pada saat yang sama, teroris muncul lagi, sepertinya membangunkan masyarakat dari sikap apatisnya. 
                Diskusi publik ini menghadirkan dua pembicara, yakni Dr. Rumadi Ahmad dari Wahid Institut dan Zora A. Sukabdi, M.Psi, dosen psikologi Universitas Indonesia. Dalam pemaparan makalahnya, Rumadi Ahmad mengatakan bahwa “terorisme menjadi musuh bersama tetapi terkadang, kita tidak mengerti, siapa itu musuh kita.” Apa yang dikatakan ini berkaitan dengan gerakan pemberantasan terorisme yang  terkadang  menemui jalan buntu karena para teroris yang bergerak secara sempalan dan ini menjadi sulit terdeteksi.  Lebih jauh Rumadi mempertanyakan, “mengapa orang mati karena bom bunuh diri diperdebatkan secara berlebihan, sedangkan orang yang mati ditabrak ditanggapi secara dingin?” Padahal esensinya sama, yakni sama-sama mati, hanya cara atau proses kematiannya beda.
                Sedangkan Zora A. Sukabdi, selain sebagai dosen psikologi di Universitas Indonesia, ia juga dikenal sebagai pegiat yang terjun langsung mendampingi kelompok-kelompok teroris yang tertangkap dan masih dipenjarakan. Dalam proses pendampingan, ia mengatakan bahwa para teroris yang dipenjara ketika dimintai pendapat mengenai apa yang dilakukan, mereka menceritakan dengan penuh semangat dan seolah-olah apa yang dilakukannya sebagai tugas yang diberikan Tuhan kepada mereka. Mereka menceritakan tindakan sadis yang dilakukan tetapi mereka tidak melihatnya sebagai tindakan yang salah. Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Zora A. Sukabdi menjadi bagian penting dalam proses penyadaran kembali tentang apa yang dilakukan dan meluruskan pemahaman yang salah yang terbangun dalam dirinya. Di akhir diskusi publik itu, Zora A. Sukabdi mengajak para peserta untuk melihat “musuh” bersama ada dalam diri kita masing-masing. Kita memusuhi egoisme kita, dan memusuhi paham-paham yang membenarkan sebuah tindakan sadis atas nama agama tertentu.***(Valery Kopong, http://viretabahasa.blogspot.com)      

Tuesday, June 11, 2013

GEREJA-BURUH, SIAPA PEDULI SIAPA?


misa kaum buruh di aula Tarakanita-Citra Raya-Tangerang

“Gereja-Buruh, Siapa Peduli Siapa?” Inilah tema umum perayaan Ekaristi bagi kaum buruh se-dekenat Tangerang-Banten. Perayaan Ekaristi bagi kaum buruh bertepatan dengan   Pesta Kenaikan Yesus, Kamis 9/5/2013 berlangsung meriah di aula Sekolahan Tarakanita Citra Raya-Cikupa-Tangerang-Banten. Hadir dalam perayaan itu Mgr. Ignatius Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta dan sekaligus bertindak sebagai selebran utama. Di samping itu pula hadir romo deken untuk dekenat  Tangerang, Rm. Bernadus Yusa Bimo Hanto, OSC dan enam imam lain yang turut hadir sebagai konselebran dalam perayaan Ekaristi kudus. 
            Penyelenggaraan perayaan Ekaristi bersama para buruh ini digagas sebagai rangkaian acara dalam memperingati hari buruh sedunia yang jatuh pada 1 Mei yang lalu. Dalam kesempatan melaksanakan acara akbar ini menunjukkan bahwa kaum buruh tidak hanya berdemo menuntut hak-haknya di jalanan tetapi juga membangun solidaritas dalam semangat Ekaristi kudus. Dalam kata pembukaannya,  Mgr. Ignatius Suharyo mengatakan bahwa “kita adalah satu keluarga, sebagai murid Kristus. Kita berkumpul di sini untuk saling meneguhkan dalam iman, harapan dan kasih.” Pertemuan bersama para buruh merupakan kesempatan langka dan karenanya dimanfaatkan secara baik dalam upaya membangun solidaritas sesama kaum buruh.
            Di hadapan 650 kaum buruh yang hadir, lebih jauh di awal khotbahnya, Mgr. Suharyo mengajak kaum buruh untuk menjalankan tugas perutusan dengan baik di tempat kerja masing-masing  dan selalu mensyukuri anugerah kehidupan. Membangun rasa syukur  dan mensyukuri anugerah kehidupan merupakan suatu keharusan bagi setiap kita orang beriman. “Ketika Yesus hidup pada waktu itu, keadaannya mirip dengan kehidupan kita sekarang,” tegas Uskup Keuskupan Agung Jakarta. Keadaan  apa yang mirip dengan keadaan yang kita alami sekarang? Kalau zamannya Yesus, kehidupan waktu itu penuh dengan penjajah asing. Ada penindasan dan  perampasan  terhadap hak-hak asasi manusia. Banyak orang miskin, sakit dan tertekan terdepak dari masyarakat.
Yesus tidak menutup mata terhadap seluruh persoalan yang dihadapi oleh masyarakat pada waktu itu. Ia justeru membuka mata  dan berani berpihak pada mereka yang disisihkan. Kerajaan Allah yang diwartakan oleh Yesus adalah kerajaan kasih yang bisa menyapa semua orang. Yesus berpihak pada orang-orang kecil, dan hal ini menunjukkan bahwa Allah sedang berpihak dan mencintai semua orang. Allah dengan caranya sendiri untuk mau membebaskan orang-orang dari penjajah. Kita juga sedang dijajah oleh kekuatan lain, yakni kekuasaan dan para pemodal,  yang terkadang bersikap kurang manusiawi terhadap kaum buruh.
Perayaan Ekaristi akbar kaum buruh ini dimeriahkan oleh paduan suara  dari ibu-ibu WKRI Santa Odilia-Citra Raya-Tangerang. Setelah perayaan Ekaristi masih dilanjutkan dengan acara sarasehan. Dalam acara sarasehan, diminta kesediaan beberapa buruh untuk membagi pengalaman terutama tentang perjuangan menempuh jalan jauh menuju tempat kerja. Sedangkan Handono, salah seorang buruh mensyeringkan pengalaman kerja dalam tekanan waktu tetapi masih menyempatkan diri untuk mengurus Gereja dan lingkungannya.
Dalam sarasehan itu juga dibuka kesempatan untuk tanya jawab bersama Mgr. Suharyo.  Kiranya dalam momentum ini, Gereja juga semakin peduli terhadap kaum buruh dan kaum buruh juga bisa menyisihkan waktu untuk semakin terlibat dalam kehidupan menggereja. “Kita berkumpul di sini untuk menumbuhkan spiritualitas gembala baik dan mudah-mudahan kita mendapat sentuhan yang baik dari teman-teman yang hadir,” demikian harapan Bapak Frederikus Hary Mulyono, ketua panitia penyelenggara misa kaum buruh dekenat Tangerang.***(Valery Kopong)    

Monday, June 3, 2013

MENGAMBIL BAGIAN DALAM KEMURIDAN YESUS


                                                     Sumber Inpirasi :Markus 9:2-10

 Injil Markus pada hari ini mengantar kita untuk memahami betapa Yesus  dimuliakan di atas gunung. Petrus, Yakobus dan Yohanes menjadi saksi atas peristiwa itu di mana mereka mengalami kebahagiaan di atas gunung. Pengalaman ini seakan melupakan  kehidupan yang lain yang lebih berat sebagai konsekuensi mengikuti Yesus. Menjadi murid Yesus, tidak berarti mengalami pengalaman Tabor sepanjang sejarah hidup, melainkan menjadi Murid Yesus berarti siap untuk menderita, mengalami juga pengalaman golgota.
                Teks Kitab suci sebelum kisah Yesus dimuliakan di atas gunung, mengisahkann secara dramatis tentang syarat-syarat untuk mengikuti Dia. Apabila mau mengikuti Dia dan menjadi bagian dari Murid-Nya berarti bersedia menyangkal diri dan memikul salib. Menyangkal diri tidak lain adalah berani untuk melepaskan diri dari kelekatan duniawi, berani untuk memisahkan diri dari orang-orang yang kita cintai untuk mengikuti-Nya. Memang berat mengikuti jalan Yesus, tidak hanya dialami oleh murid-muridnya yang berada bersama dengan Dia, melainkan sampai dengan saat ini tuntutan yang sama terus dihidupkan sebagai tantangan sekaligus menguji iman kita pada-Nya. Salib menjadi pilihan utama dalam mengambil keputusan untuk mengikutinya.    Salib menjadi tanda nyata yang membahasakan pengalaman pergulatan hidup Yesus. Melalui salib, kita akan merunut banyak kisah tentang penolakan dirinya, disiksa dan kematiannya di kayu salib. Melalui salib yang sama,   Yesus mengajarkan suatu hal sederhana di dalam menjalani hidup, yaitu pengalaman suka dan duka senantiasa mewarnai seluruh hidup manusia. Namun yang lebih ditekankan adalah kisah penderitaan sebagai murid yang dipanggilnya. Mengapa Yesus lebih banyak menekankan kriteria-kriteria bahkan menetapkan syarat-syarat yang begitu berat dalam mengikuti jejak-Nya? Bukankah ini menjadi langkah surut bahkan menjauhkan orang-orang untuk tidak lagi mengikuti-Nya?
                Saudara/i yang terkasih di dalam Yesus Kristus. Dalam teks ini terutama Yesus dimuliakan di atas gunung, masing-masing penginjil melihatnya secara berbeda. Penginjil Matius lebih melihat peristiwa ini sebagai cara sederhana untuk memperlihatkan Yesus sebagai Musa baru. Sedangkan penginjil Lukas melihat peristiwa pemuliaan Yesus ini sebagai bentuk persiapan untuk penderitaan Yesus. Lalu bagaimana cara pandang penginjil Markus? Markus mengartikan peristiwa ini sebagai penyataan Mesias yang mulia walaupun kemesiasan Yesus masih tersembunyi. Lebih jauh Markus, dalam peristiwa ini mau menyatakan siapa sesungguhnya Yesus yang untuk sementara waktu perlu mengalami perendahan sebagai hamba Tuhan yang menderita.  
                Terlepas dari penafsiran teks ini, saya hanya mau mengatakan bahwa Yesus sudah memulai suatu karya besar yakni menunjukkan kepada dunia tentang karya keselamatan yang diraih dengan pengorbanan diri tanpa batas. Anak manusia harus menderita agar mengangkat kembali martabat manusia yang menderita oleh tekanan dunia. Anak manusia harus menghambakan diri agar mengangkat kembali martabat manusia yang kini menjadi hamba di antara sesamanya. Pengorbanan diri Yesus di salib  sebagai bentuk protes terhadap sikap-sikap manusiawi yang selalu merendahkan martabat sesamanya sendiri. Jeritanya di kayu salib adalah jeritan kritis yang mewakili mereka yang tersisihkan, terhempas dari panggung dunia.
                 Yesus mengajak kita untuk naik gunung, untuk mau menyatakan bahwa kemanusiaan kita turut diangkat olehnya. Namun pada saat yang sama kita dibiarkan untuk turun ke lembah melewati jalan-jalan terjal. Pada saat mendaki menuju puncak gunung, kita dibiarkan untuk menemukan tumpuan yang tepat untuk berpijak. Namun jauh lebih menyedihkan adalah kita dibiarkan untuk menurun sendiri mencari lembah-lembah kehidupan untuk bertarung, berhadapan dengan pelbagai tantangan. Terkadang, kita tidak menemukan tumpuan hidup saat menuruni gunung, kita merasa jauh dari sentuhan dan pendampingan-Nya. Untuk memaknai hidup dan kehidupan ini, Kristus menjadi titik pijak kita dan salibNya  menjadi tempat teduh bagi kita untuk bersimpuh, merenung dan di bawah salib yang sama kita menemukan jalan keluar mengatasi kesulitan-kesulitan hidup.  Kita perlu jujur di mata Bapa, agar kita dengan mudah berjumpa dengan Yesus anakNya. Dalam Dia dan PuteraNya, seluruh   kehidupan, kita labuhkan ke hadapannya.   

JUJUR Di mata Bapa
Jangan mengatakan Bapa,
kalau sehari-hari tidak berlaku sebagai anak.
Jangan mengatakan Kami, kalau engkau hidup tersendiri dalam keegoisanmu.
Jangan mengatakan Yang Ada Di Surga, kalau hanya memikirkan hal-hal duniawi.
Jangan mengatakan Dimuliakanlah NamaMu, kalau tidak menghormatinya.
Jangan mengatakan terjadilah kehendakmu, kalau tidak mau menerimanya bila ternyata berat dan pahit.
Jangan mengatakan Berilah Kami Rejeki pada hari ini, kalau tidak prihatin akan mereka yang lapar dan orang-orang tanpa harapan untuk hari esok.
Janganlah mengatakan Ampunilah kesalahan kami, kalau masih simpan kebencian terhadap saudaramu.  
Janganlah mengatakan, janganlah biarkan kami jatuh dalam percobaan, kalau masih bermaksud berbuat dosa. Janganlah mengatakan bebaskanlah kami dari yang jahat, kalau tidak berani mengambil posisi melawan kejahatan.
Janganlah mengatakan Amin, kalau tidak menganggap serius setiap kata doamu.(Valery Kopong)


Wednesday, May 29, 2013

MISKIN PERHATIAN



(Sumber inspirasi: Yoh.11:1-45)
                                                                        Kematian Lazarus, potret  ketakberdayaan manusia miskin. Lazarus menjadi simbol orang-orang tak berpunya, meninggal dalam kesendirian, dalam kesunyian.  Semasa hidupnya, kehidupan Lazarus jauh dari sentuhan kemewahan bahkan diperlakukan secara tidak adil oleh orang kaya. Ia makan dari rema-rema yang jatuh dari meja si kaya raya. Meja orang kaya dengan Lazarus yang ada di bawahnya, menunjukkan jarak pemisah yang jauh, sulit dipadu dalam satu kesepakatan.
                Kehidupannya penuh dengan derita dan perjuangan, dan pada saat  meninggal pun sepertinya jauh dari pantauan masyarakat sekitar. Yesus yang sebelumnya berada bersama mereka tetapi pada menjelang kematiannya, Yesus malah meninggalkan dia. Secara manusiawi dapat dikatakan bahwa di sini memunculkan unsur kesengajaan Yesus. Yesus sengaja, membiarkan Lazarus meninggal, mengalami pembaringan dalam kasih Allah. Allah mengambil alih seluruh hidupnya yang penuh dengan derita. Kematiannya di dunia menjadi tanda pelepasan beban dan keterikatannya dengan simpul keangkuhan orang-orang kaya.
                Tetapi apakah kematiannya, untuk seterusnya ia pamit dari dunia ini dan tak pulang lagi? Mari kita membangunkan Lazarus yang sedang tidur. Inilah ajakan Yesus kepada para murid-Nya untuk melihat  Lazarus yang tertidur. Apa yang dikatakan Yesus dimengerti secara utuh atau harafiah? Untuk apa kita pergi membangunkannya?  Karena suatu saat ia akan bangun sendiri. Ini terjadi kesalahan persepsi antara Yesus dan murid-murid-Nya. Di sini, Yesus seakan mengajak para murid untuk tenggelam memahami arti dari rahasia tidur dalam pulasan abadi. Yesus sengaja memperlihatkan sekaligus menunjukkan ke-Allahan-Nya pada para murid tentang apa yang akan dilakukan-Nya.
                Yesus selalu memanfaatkan ketepatan “saat” untuk  memproklamirkan keallahan-Nya melalui mujizat. Tentunya Yesus tidak mengadakan “show” religius tetapi Ia menyatakan kepenuhan kerajaan Allah dalam diri orang-orang miskin. Pembangkitan Lazarus dari alam maut menjadi tanda pemerdekaan orang-orang yang tertindas dalam hidupnya setelah mengalami pengalaman Allah selama kematiannya sesaat. Di sini jelas memperlihatkan bahwa Allah sedang “memapah” umat-Nya yang telah derita dalam hidup dan tenggelam dalam dasar maut. Allah tidak membiarkan ia menjerit dalam kesendirian. Jeritan permintaan akan belas kasih juga datang dari Maria dan Marta, saudaranya.
                “Seandainya Tuhan masih ada di sini, saudaraku pasti tidak akan meninggal.” Inilah rentetan penggalan harapan yang keluar dari mulut saudara Lazarus. Harapan akan “kehadiran” Yesus menjadi tanda untuk mempertahankan kehidupan itu sendiri. Kehadiran Yesus menjadi tanda legitimasi keberadaan atau eksistensi manusia. Tanpa kehadiran Yesus, orang merasa kehidupannya seolah-olah mengalami kesia-siaan. Kecemasan ini pada akhirnya terhapus oleh “peran” dan campur tangan Allah yang menyata dalam diri Yesus. Allah memperlihatkan mujizat lewat Yesus dengan membangkitkan Lazarus dari alam maut. Maut tunduk pada kuasa Yesus dan membiarkan kehidupan baru bersemi kembali dalam diri Lazarus.
                Lazarus hidup miskin  secara materi tetapi bukan menjadi halangan baginya untuk menerima kemurahan dan kemahakuasaan Allah. Kebangkitan Lazarus memperlihatkan betapa Allah masih memiliki rasa peduli terhadap mereka yang tersisihkan yang diwakili oleh Lazarus. “Kemiskinan terburuk zaman ini adalah  orang-orang merasa tidak dicintai lagi, jauh dari sentuhan kemanusiaan.” ***(Valery Kopong)          



Monday, May 20, 2013

GEREJA BERTUMBUH DAN BERAKAR DALAM MASYARAKAT



            Sore itu cukup mendung, seolah mengajak umat untuk bersahabat dalam meriahrayakan pesta peresmian Gereja Paroki Santo Gregorius. Kurang lebih tujuh ribu umat memadati gereja untuk menghadiri misa peresmian ini. Mereka datang dari lingkungan-lingkungan dengan mengenakan kaos berwarna hijau. Dengan mengenakan kaos berwarna hijau secara serentak, seakan menegaskan identitas sekaligus memperkokoh kesatuan umat yang berani memproklamirkan diri menjadi sebuah paroki mandiri.
            “Semoga kehidupan umat semakin tumbuh dan berakar dalam masyarakat, “demikian Mgr. Ignatius Suharyo dalam kata pembukaan saat bertindak sebagai selebran utama misa peresmian gereja. Beliau mengajak umat membangun rasa syukur atas rahmat yang diberikan Allah. Lahirnya paroki merupakan bagian dari karya penyelamatan Allah. Karena selama perjalanan sejarah Gereja ini, umat tidak mengandalkan kekuatannya sendiri melainkan mengandalkan Allah sebagai pembimbing yang setia menyangga iman umat.
            Paroki Santo Gregorius merupakan paroki ke 63 dalam Keuskupan Agung Jakarta dan paroki ke 12 di wilayah dekenat Tangerang. Dalam kesempatan itu Bapak Uskup menyampaikan syukur dan terima kasih kepada Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda-Tangerang yang dengan setia dan susah payah membimbing  Stasi Gregorius untuk menjadi sebuah paroki mandiri.
            Lebih jauh, ditandaskan oleh Mgr. Ignatius bahwa dalam menghidupkan gereja, masing-masing umat memberikan peran tersendiri. “Imam, umat dan anak-anak serta remaja memberikan peran masing-masing terhadap perkembangan hidup menggereja. Tidak hanya hidup menggereja tetapi juga diharapkan untuk semakin berakar dalam masyarakat. Keberadaan Gereja tidak menutup diri melainkan membaur dengan masyarakat. Memang berat apabila Gereja  mengakar dalam masyarakat karena akan menemukan pelbagai masalah.” Masalah yang dihadapi merupakan tantangan dan juga dilihat sebagai peluang. Karenanya masing-masing umat berani untuk berbuat sesuatu supaya lingkungan, tempat kita hidup menjadi manusiawi dan kristiani. “Siapapun, hanya dapat melaksanakan cita-cita untuk menghidupkan Gereja kalau rajin mengajukan pertanyaan, apa yang harus kita buat supaya lingkungan hidup semakin menjadi manusiawi dan kristiani. Berakar dalam masyarakat berarti memiliki kepedulian yang tinggi terhadap masalah atau persoalan yang sedang terjadi. Seperti Yesus yang menyatakan kematian-Nya dan hal ini merupakan muara dari pengorbanannya terhadap manusia.
            Pada kesempatan itu semua umat diajak untuk mengenal dan menghayati semangat pelindung Gereja yaitu Santo Gregorius Agung. Ada dua hal yang perlu dicontohi. Pertama, Santo Gregorius adalah seorang pembaharu dalam Gereja. Ketika Gereja mulai lemah, ia hadir mewarkan lagu-lagu gregorian. Kedua, Gregorius Agung adalah seorang Paus. Dalam masa kepemimpinannya ia menyatakan diri sebagai hamba dari segala hamba yang sampai saat ini masih diabadikan oleh para paus sesudahnya. Umat diharapkan dapat meniru keteladanan hidup Santo Gregorius.
            Pada kesempatan ini juga, Mgr. Ignatius Suharyo memberikan kesempatan kepada Romo Swasono sebagai Pastor Kepala Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda-Tangerang untuk mengisahkan perjuangan untuk mengajukan Stasi Gregorius untuk  menjadi sebuah paroki. Menurut Romo Swa, panggilan akrab Romo Swasono, bahwa ketika berbincang-bincang dengan para pendahulu yang pernah menjabat sebagai Pastor Paroki Hati Santa Perawan Maria Tak Bernoda-Tangerang, mereka menganjurkan agar Stasi Gregorius segera menjadi sebuah paroki. Stasi Gregorius sendiri memiliki wilayah yang sangat luas dan umat semakin bertambah seiring dengan perkembangan perumahan. Dengan melihat luas wilayah dan umat yang begitu banyak maka ini menjadi alasan bagi pihak paroki HSPMTB mengajukan Stasi Gregorius ini menjadi sebuah paroki.
            Tentang kehidupan umat di Stasi Gregorius, Romo Swa menjelaskan bahwa lebih dari 50 % adalah kaum buruh dan selebihnya terdapat  profesi yang lain. Lebih jauh ia menegaskan bahwa kehadiran gereja ini tidak terlepas dari dukungan masyarakat sekitar. “Orang-orang Kampung Jambu sungguh memberikan dukungan. Kami ingin balas budi,” demikian ungkapan tulus dari Romo Swasono. “Kalau sudah menjadi paroki, lalu apa yang kita lakukan?” Kalau sudah menjadi paroki maka dituntut tata kelola yang baik, baik dari segi administrasi maupun keuangan. Pada misa peresmian Paroki Santo Gregorius, juga diadakan pelantikan para dewan stasi untuk menjadi dewan paroki, dengan susunan:
Ketua dewan : Romo Adrianus Andy Gunardi, Pr
                         Romo Natalis Kurnianto, Pr
Wakil             : Paulus Budi Soleman
Sekretaris I    : Yulius Iriana
Sekretaris II  : Petrus Sugiantara
Bendahara    : Ibu Lena
Anggota   : Bernadus Apul Tumanggor, Innocentius Tharob, Misten Sihaloho, Yanuarius Suharjo, Agustinus Purwiyanto   
            Para pengurus dewan stasi yang lama,  masa bakti 2011-2014, akhirnya diperpanjang lagi untuk masa bakti 2012-2015 dengan mengenakan status baru yakni menjadi dewan Paroki Santo Gregorius. Kiranya Tuhan senantiasa memberkati seluruh karya kita.***(Valery Kopong)