Beberapa waktu yang lalu, saya
mendapat SMS dari salah seorang teman.
SMS-nya singkat dan memberikan pesan
yang kabur padaku. Dia mengatakan, 2+2
hasilnya bukan empat lagi. Membaca pesan singkat ini semakin membuat
aku tak karuan berpikir. Hitungan
matematis semenjak dulu, bahwa 2 + 2 sama dengan empat. Lalu mengapa hari ini
digugat melalui SMS dan yang menggugat adalah orang yang biasa aja dan bukan
ahli matematika? Kalau seorang ahli
matematika yang menggugat, saya melihatnya sebagai hal yang biasa tetapi karena
yang menggugat adalah seorang yang biasa maka hal itu dilihat sebagai sesuatu
yang luar biasa.
Friday, February 5, 2016
Thursday, January 21, 2016
LITANI GOLKAR
Oleh: Valery Kopong
Golkar, sebuah partai tua
terus dilanda dengan pelbagai persoalan.
Tahun 2015 dan mengawali tahun 2016, Golkar tetap mengusung persoalannya
sendiri dan terkesan sulit untuk
diselesaikan. Menatap Golkar saat ini sepertinya berada pada wilayah abu-abu dan
sulit ditemukan solusi terbaik. Siapa yang bertanggung jawab dalam proses
penyelesaian masalah internal yang terus
mendera? Strategi mana yang perlu dicari untuk menyelesaikan masalah
ini? Beberapa pengamat politik dan juga
hukum ketatanegaraan menilai bahwa
dengan berakhirnya kepengurusan Golkar
hasil Munas Riau dan juga dicabutnya SK Menteri Hukum dan HAM tentang
kepengurusan Golkar hasil Munas Ancol
maka dengan demikian terjadi kekosongan kepengurusan Golkar. Atau secara gamblang
dikatakan bahwa Golkar berjalan tanpa tuan dan nahkoda. Untuk mengimbangi
situasi ini menurut Refly Harun, pengamat hukum tata Negara, agar Kemenkum HAM
mengeluarkan SK untuk memperpanjang kepengurusan Golkar hasil Munas Riau sambil
menata kembali Golkar dengan mempersiapkan Munas Golkar untuk memilih kepengurusan baru.
Monday, January 4, 2016
DEFINISI DAN PENGERTIAN BUDAYA POLITIK MENURUT PARA AHLI
Sebagai warga negara yang baik perlulah kita mengenal lebih dekat pengertian budaya politik dan fenomena perkembangan budaya politik ini di Indonesia. Apa itu budaya politik? Mari sama-sama kita simak dalam rangkuman dari para ahli di artikel berikut.
BEBERAPA DEFINISI DAN PENGERTIAN BUDAYA POLITIK MENURUT PARA AHLI
Berikut ini beberapa definisi dan pengertian budaya politik menurut beberapa ahli.
Almond dan Verba
Budaya Politik merupakan sikap orientasi yang khas dari warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya dan sikap terhadap peranan warga negara yang ada dalam sistem itu.
Warga Negara senantiasa mengidentifikasikan diri mereka dengan simbol-simbol dan lembaga kenegarran berdasarkan orientasi yang mereka miliki.
Budaya Politik merupakan sikap orientasi yang khas dari warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya dan sikap terhadap peranan warga negara yang ada dalam sistem itu.
Warga Negara senantiasa mengidentifikasikan diri mereka dengan simbol-simbol dan lembaga kenegarran berdasarkan orientasi yang mereka miliki.
Samuel Beer
Budaya politik adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yanga harus dilaksanakan ileh pemerinta.
Budaya politik adalah nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yanga harus dilaksanakan ileh pemerinta.
Rusadi Sumintapura
Budaya politik tidak lain adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.
Budaya politik tidak lain adalah pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.
Sidney dan Verba
Budaya politik terdiri atas sebuah sistem kontrol yang berhubungan dengan keyakinan-keyakinan, Verba menyarankan sejumlah dimensi budaya politik, khususnya negara bangsa, dengan sesama warga negara, serta dengan proses pengambilan keputusan input politiknya.
Budaya politik terdiri atas sebuah sistem kontrol yang berhubungan dengan keyakinan-keyakinan, Verba menyarankan sejumlah dimensi budaya politik, khususnya negara bangsa, dengan sesama warga negara, serta dengan proses pengambilan keputusan input politiknya.
Miriam Budiardjo
Budaya politik adalah keseluruhan dari pandangan-pandangan politik, seperti norma-norma, pola-pola orientasi terhadap politik dan pandangan hidup pada umumnya.
Budaya politik adalah keseluruhan dari pandangan-pandangan politik, seperti norma-norma, pola-pola orientasi terhadap politik dan pandangan hidup pada umumnya.
Rusadi Kantaprawira
Budaya politik merupakan persepsi manusia, pola sikapnya terhadap berbagai masalah politik dan peristiwa politik terbawa pula ke dalam pembentukan struktur dan proses kegiatan politik masyarakat maupun pemerintah(an), karena sistem politik itu sendiri adalah interrelasi antara manusia yang menyangkut soal kekuasaan, aturan dan wewenang (Kantaprawira, 1999:26).
Budaya politik merupakan persepsi manusia, pola sikapnya terhadap berbagai masalah politik dan peristiwa politik terbawa pula ke dalam pembentukan struktur dan proses kegiatan politik masyarakat maupun pemerintah(an), karena sistem politik itu sendiri adalah interrelasi antara manusia yang menyangkut soal kekuasaan, aturan dan wewenang (Kantaprawira, 1999:26).
Mochtar massoed
Budaya politik adalah sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya.
Budaya politik adalah sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintahan negara dan politiknya.
Albert Widjaja
Budaya politik adalah aspek politik dari sistem nilai-nilai yang terdiri ide, pengetahuan, adat istiadat, tahayul dan mitos. Kesemuanya ini dikenal dan diakui sebagain besar masyarakat. Budaya politik tersebut memberi rasional untuk menolak atau menerima nilai-nilai dan norma lain.
Budaya politik adalah aspek politik dari sistem nilai-nilai yang terdiri ide, pengetahuan, adat istiadat, tahayul dan mitos. Kesemuanya ini dikenal dan diakui sebagain besar masyarakat. Budaya politik tersebut memberi rasional untuk menolak atau menerima nilai-nilai dan norma lain.
Monday, December 14, 2015
N A T A L
Memasuki
bulan Desember, memori publik diingatkan akan Natal, kelahiran Yesus Kristus.
Bayangan tentang Natal tidak lain adalah sebuah
kandang hewan yang pengap dan penuh kesederhanaan. Tak ada lampu gemerlap
dan nyanyian merdu para artis yang menyongsong kedatangan Yesus yang lahir di
kandang papa. Ia lahir dalam sunyi, lahir dalam kesederhanaan. Maria dan Yosef harus lelah mencari
penginapan sebagai tempat bagi Maria
untuk melahirkan Sang Juru Selamat. Tak ada rumah warga yang menjadi tumpangan
bagi Maria dan Yosef. Dunia seakan menutup pintu rumahnya untuk tidak
membiarkan Sang Juru Selamat itu lahir dalam rumah mereka. Tetapi ketika
semakin mereka menutup rapat pintu rumah mereka, pada saat yang sama, Allah
membiarkan Putera-Nya lahir dalam sunyi, lahir dalam kesederhanaan di kandang
hewan penuh kotoran itu.
Kesederhanaan
menjadi pesan tunggal dalam merayakan Natal. Allah tidak meminta sebuah rumah sakit mewah
sebagai tempat untuk melahirkan Putera-Nya. Allah membiarkan Maria dan Yosef untuk
mengetuk kesadaran warga agar mendapatkan tempat yang layak bagi kelahiran Sang
Putera. Perjalanan Maria yang tengah mengandung adalah sebuah perjalanan derita
dan pada akhirnya tersenyum legah setelah bayi Sang Putera Yesus lahir dalam dekapannya.
Friday, December 11, 2015
Soal Agama Katolik (SMA)
SMA KHARISMA BANGSA – PONDOK CABE – TANGERANG
SELATAN
UJIAN AGAMA KATOLIK
KELAS: XII
1.
Pelopor
pergerakan Gereja Lutheran adalah…..
a.
Martin
de Pores
b.
Martin
Luther
c.
Yohanes
Calin
d.
Yohanes
Kristotomus
e.
Carolus
Boromeus
2.
Yang
dimaksudkan dengan “Sola fide” adalah….
a.
Pembenaran
hanya karena iman para pendosa
b.
Pembenaran
hanya karena iman
c.
Pembenaran
hanya karena ketidakpercayaan
d.
Pembenaran
hanya karena iman orang lain
e.
Pembenaran
hanya karena orang lain
3.
Tokoh
reformasi Gereja Kalvinis adalah….
a.
Yohanes
Calvaro
b.
Yohanes
Pembaptis
c.
Yohanes
de Sales
d.
Yohanes
de Brito
e.
Yohanes
Calvin
4.
Anglikantisme
bermula pada pemerintahan….
a.
Henry
VII
b.
Henry VI
c.
Henry V
d.
Henry IV
e.
Henry III
5.
Soal Agama Katolik (SD)
SD KHARISMA BANGSA
– PONDOK CABE – TANGERANG SELATAN
PELAJARAN AGAMA
KATOLIK
KELAS: III
- Salah satu sifat baik Yusuf
dan disenangi oleh Yakub adalah….
a.
Bandel
b.
Pemalas
c.
Jujur
d.
Tidak
jujur
- Yakub mempunyai anak berjumlah….
a.
10
orang
b.
11
orang
c.
12
orang
d.
13
orang
- Sikap iri hati akan mendorong seseorang untuk berbuat….
a.
Jahat
b.
Cinta
c.
Kasih
d.
Sayang
- Kemampuan yang dimiliki oleh
Yusuf adalah….
a.
Membaca kitab suci
b.
Menafsir
mimpi
c.
Bermain
bola
d.
Menulis surat
- Yusuf akhirnya dipakai oleh Allah untuk………saudara dan ayahnya
a.
Membenci
b.
Menyaingi
c.
Memusuhi
d.
Menyelamatkan
- Yusuf dibenci oleh
saudara-saudaranya karena….
a.
Yusuf
adalah orang kaya
b.
Yakub
sangat menyayangi Yusuf
c.
Yusuf
adalah orang yang sombong
d.
Yusuf
dicintai neneknya
- Sikap iri hati akan menjadikan perpecahan dalam….
a.
Persaudaraan
b.
Kebencian
c.
Permusuhan
d.
Kesengsaraan
- Kemampuan manusia merupakan
anugerah dari….
a.
Orang
tua
b.
Tuhan
c.
Teman
d.
Guru
- Alam yang indah diciptakan oleh Allah untuk kebahagiaan….
a.
Manusia
b.
Allah
c.
Binatang
d.
Tumbuhan
“BAPA KAMI YANG ADA DI BUMI”
“Bapak
kami yang ada di surga.” Itulah penggalan awal doa Bapak Kami, sebuah doa yang
diajarkan oleh Yesus sendiri kepada kita. Ketika mendaraskan doa ini, terasa
Bapa itu masih jauh dari hadapan manusia, Allah yang transenden. Sepertinya ada
paradox antara pemahaman Katolik tentang Allah yang imanen, yang menetap di
hati kita tetapi pada saat yang sama ketika doa Bapa Kami itu didaraskan, orang
merasa bahwa Allah itu masih jauh, kurang terlibat dengan kehidupan manusia.
Doa menjadi titik simpul setiap
manusia yang memohon keberpihakkan Allah dalam hidupnya. Permohonan konkret
yang dibuat manusia melalui doa Bapa Kami adalah memohon kerajaan Allah yang
berpihak dan rejeki yang berlimpah. Kerajaan Allah bukanlah kerajaan utopia,
tetapi Allah sedang hadir dan ada dalam kehidupan manusia ketika pesan
pewartaan Yesus yang berpihak pada yang lemah, miskin dan tersingkir.
“Bapa Kami Yang Ada di Bumi,” sebuah
buku terjemahan ini seakan ada untuk menggugat sebuah situasi di mana manusia
merasa masih jauh dari Allah. Allah itu ada dalam setiap gerak laku manusia,
dan Allah turut melakukan intervensi terhadap setiap kehidupan kita. Tanpa
campur tangan Allah maka seluruh apa yang kita lakukan jauh dari harapan, dan
kerajaan damai tak akan pernah menyentuh bumi.
Tuesday, December 8, 2015
Ini Pernyataan Lengkap Kemarahan Jokowi Terkait Kasus 'Papa Minta Saham'
Jakarta - Tak biasanya Presiden Joko Widodo emosi. Selama ini, semua masalah dihadapinya dengan tenang. Namun dalam urusan kasus 'papa minta saham', Jokowi sepertinya benar-benar marah.
Kemarahan Jokowi disampaikan usia konferensi pers soal Pilkada Serentak di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakpus, Senin (7/12/2015). Saat itu, Jokowi ditanya soal proses sidang di MKD terakhir yang menghadirkan Ketua DPR Setya Novanto, namun digelar dalam suasana tertutup.
Jokowi bicara pelan namun dengan tegas. Di bagian akhir, dia sempat meninggikan suara, sambil menggerakan tangannya. Setelah bicara keras, Jokowi tak mau meladeni tanya jawab dengan wartawan, dan memilih masuk ke dalam ruangan.
Berikut pernyataan lengkap Jokowi:
Proses yang berjalan di MKD harus kita hormati. Tetapi, tidak boleh yang namanya lembaga itu dipermain-mainkan. Lembaga negara itu bisa kepresidenan, bisa lembaga negara yang lain.
Saya nggak apa-apa dikatakan presiden gila, presiden saraf, presiden koppig, nggak apa-apa. Tapi kalau sudah menyangkut wibawa, mencatut, meminta saham 11 persen, itu yang saya tidak mau. Nggak bisa!
Ini masalah kepatutan, masalah kepantasan, masalah etika, masalah moralitas, dan itu masalah wibawa negara.
(jor/mad)
Kemarahan Jokowi disampaikan usia konferensi pers soal Pilkada Serentak di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakpus, Senin (7/12/2015). Saat itu, Jokowi ditanya soal proses sidang di MKD terakhir yang menghadirkan Ketua DPR Setya Novanto, namun digelar dalam suasana tertutup.
Jokowi bicara pelan namun dengan tegas. Di bagian akhir, dia sempat meninggikan suara, sambil menggerakan tangannya. Setelah bicara keras, Jokowi tak mau meladeni tanya jawab dengan wartawan, dan memilih masuk ke dalam ruangan.
Berikut pernyataan lengkap Jokowi:
Proses yang berjalan di MKD harus kita hormati. Tetapi, tidak boleh yang namanya lembaga itu dipermain-mainkan. Lembaga negara itu bisa kepresidenan, bisa lembaga negara yang lain.
Saya nggak apa-apa dikatakan presiden gila, presiden saraf, presiden koppig, nggak apa-apa. Tapi kalau sudah menyangkut wibawa, mencatut, meminta saham 11 persen, itu yang saya tidak mau. Nggak bisa!
Ini masalah kepatutan, masalah kepantasan, masalah etika, masalah moralitas, dan itu masalah wibawa negara.
(jor/mad)
Monday, November 9, 2015
BANGGA MENJADI PEGAWAI KEMENTERIAN AGAMA
BANGGA MENJADI PEGAWAI KEMENTERIAN AGAMA
“Kita harus bangga menjadi pegawai
Kementerian Agama, “ demikian Bapak Drs.
H. Moh. Agus Salim, M.Pd, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten,
mengawali sambutan saat menjadi Pembina
apel pada Senin, 9 November 2015. Apel
pagi yang dimulai pada pukul 07.30 dihadiri sekitar ratusan peserta, terdiri
dari para pegawai Kementerian Agama Kabupatan Tangerang, para Kepala KUA se
Kabupaten Tangerang, para Penyuluh Agama Islam, dan para pengawas serta para
Kepala Madrasah.
Bapak H. Moh. Agus Salim, M,Pd, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten |
Di
sela-sela sambutannya, selain menjelaskan secara rinci masing-masing point dari nilai budaya kerja itu, Bapak Kanwil
juga menjelaskan contoh-contoh penting berkaitan dengan indisipliner dan dampak
dari indisipliner yang berbuntut pada pencopotan seorang pegawai negeri sipil.
Ia berharap agar peristiwa indisipliner tidak terjadi pada pegawai yang ada di
kementerian Agama Kabupaten Tangerang.
Setelah
pelaksanaan apel pagi, dilanjutkan dengan acara rapat dinas tetap (RANDINTAP)
yang dihadiri oleh para Kepala Madrasah, Kepala KUA se-Kabupaten Tangerang,
para pengawas dan para penyuluh Agama
Islam.***(Valery Kopong)
Subscribe to:
Posts (Atom)