Friday, July 1, 2016

VPI dan FMKI gelar seminar mencari pemimpin tepat DKI Jakarta

Untuk memberi sumbangan pemikiran kepada masyarakat bagaimana mengukur dan menentukan pemimpin DKI Jakarta yang betul-betul tepat sesuai dengan kebutuhan warga DKI Jakarta, Vox Point Indonesia (VPI) bekerjasama dengan Forum Masyarakat Katolik Indonesia Keuskupan Agung Jakarta (FMKI-KAJ) menyelenggarakan seminar di Aula Paroki St. Yohanes Penginjil Blok B, Jakarta Selatan, Sabtu (25/6).
VPI dan FMKI gelar seminar mencari pemimpin tepat DKI Jakarta thumbnailSeminar bertajuk “Mencari Pemimpin Tepat Untuk DKI Jakarta” ini menghadirkan beberapa narasumber yaitu Johny G Plate (Fraksi NasDem DPR RI), Rufinus Hutauruk (Fraksi Hanura DPR RI), Fandy Utomo (Fraksi Demokrat DPR RI), dan Arya Fernandez (Peneliti Politik CSIS).
Selain menghadirkan narasumber, Beritasatu.com melansirkan bahwa seminar ini juga mendatangkan beberapa tokoh sebagai penanggap, termasuk Romo Benny Susetyo, Haposan Batubara (DPP Gerindra), Richard Saerang (Teman Ahok), Lukas Sutjiadi (Vox Point Indonesia), Andreas Susetyo (Fraksi PDIP DPR RI), serta beberapa tokoh lain.

Ketua Umum Vox Point Indonesia, Yohanes Handoyo Budhi Sejati mengatakan, seminar ini untuk mengukur dan menentukan pemimpin DKI Jakarta yang mampu membuat perubahan fisik dan terlebih lagi mampu mengubah mental pejabatnya sehingga mengubah Jakarta supaya benar-benar mencerminkan sebuah ibukota negara.
“Kami Vox Point Indonesia juga ingin agar dengan seminar ini bisa mendapatkan informasi dari tangan pertama terkait dinamika di internal baik Parpol maupun relawan soal kandidat-kandidat yang akan maju dan isu-isu seputar Pilkada DKI yang memang saat ini cenderung memanas,” kata Handoyo.
Masyarakat Jakarta saat ini, kata dia, banyak disuguhi informasi dari banyak sisi terutama di media-media sosial yang justru membuat bingung masyarakat.
Secara khusus lanjut Handoyo, fenomena Ahok dengan segala dinamikanya harus dicermati, baik kelompok yang pro maupun kontra.
“Kami dari Vox Point Indonesia harapkan dari seminar ini bisa diperoleh informasi yang bisa dipercaya, obyektif dan positif untuk mendidik masyarakat. Makanya dalam seminar ini kami hadirkan tokoh-tokoh dari partai, relawan, media dan pengamat supaya kita bisa betul-betul obyektif,” terangnya.
Terkait kriteria pemimpin DKI, menurut dia, dalam kacamata Vox Point Indonesia, Jakarta saat ini membutuhkan sosok yang tegas, berani, loyal, taat konstitusi, menguasai permasalahan birokrasi, masalah sosial, sosiologi dan berwawasan kebangsaan.
Selain itu, Jakarta sebagai barometer politik dan proyek percontohan kota-kota di Indonesia serta pusat kemajemukan masyarakat, kata dia, perlu pemimpin yang sanggup sebagai pengendali dan fasilitator.
Saat ditanya dari beberapa nama calon yang saat ini beredar di masyarakat untuk maju di Pilkada DKI Jakarta, Handoyo menjawab diplomatis.
“Kita masih terus mencermati, karena sampai saat ini belum ada nama yang secara formal sudah menjadi calon,” pungkasnya.

No comments: