Thursday, August 23, 2018

Internet untuk Indonesia

Ilustrasi dari google

Perkembangan teknologi membawa perubahan bagi manusia. Salah satu perkembangan teknologi yang paling berpengaruh adalah keberadaan internet. Dengan adanya internet membawa dampak yang luar biasa bagi manusia. Apakah dengan adanya internet hanya membawa dampat negatif bagi manusia? Ataukah ada hal positif yang bisa muncul dari penggunaan internet itu? Pengguna internet seolah-olah tidak mengenal batas usia. Hampir pasti bahwa setiap orang dengan tingkatan usia yang berbeda bisa mengakses internet itu. Tulisan ini lebih menyoroti bagaimana seorang anak didik menggunakan internet dalam keseharian hidupnya.
Ada dua dampak yang muncul berkaitan dengan adanya internet dalam kalangan siswa-siswi tingkat sekolah dasar. Pertama, dampat negatif dari penggunaan internet. Dengan menggunakan internet, banyak siswa-siswi terutama tingkat sekolah dasar kecanduan dan lupa akan tugas utamanya, yaitu belajar. Setelah pulang sekolah, biasanya banyak anak lebih memilih waktu untuk berlama-lama dalam menggunakan internet. Beberapa waktu belakangan ini, anak-anak lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain ML (Mobile Legend). Karena keseruan permainan ini maka membuat anak-anak lupa waktu. Mereka lupa waktu untuk belajar, lupa waktu untuk istirahat dan lupa waktu untuk makan. Akibat dari permainan ini maka memberikan dampak yang kurang baik, terutama dalam kehidupan belajar.
Siapa yang bertanggung jawab untuk mengontrol anak-anak dalam menggunakan internet? Ada dua pihak yang bertanggung jawab, yakni pihak keluarga dan pihak sekolah. Apabila siswa/i ada di sekolah maka guru-guru harus bertanggung jawab terhadap siswa dalam penggunaan internet sesuai kebutuhan. Sedangkan penggunaan hand phone di sekolah tidak diperbolehkan, kecuali untuk keperluan yang berkaitan dengan proses belajar.
Apabila di rumah maka seorang anak yang juga seorang siswa perlu mendapat perhatian dari orang tua. Banyak orang tua mengeluh terhadap penggunaan internet ini. Mereka beranggapan bahwa internet seolah-olah menjadi penyebab menurunnya kegiatan belajar seorang siswa. Memang, apa yang dikatakan oleh orang tua ini ada benarnya bahwa pengaruh internet luar biasa. Kehadiran internet memberikan kesempatan pada anak-anak untuk lupa akan tugas utama anak sebagai seorang murid. Selain itu juga para orang tua mengeluh bahwa setiap bulan, pengeluaran orang tua semakin bertambah terutama membelikan kuota internet pada anak-anak.
Kedua, dampak positif dari penggunaan internet. Memang ada sisi negatif dari adanya penggunaan internet tetapi banyak juga sisi positif yang ditawarkan dalam menggunakan internet. Misalnya, dengan menggunakan internet, saya bisa mencari tugas-tugas yang diberikan oleh sekolah. Di sini, saya melihat dunia internet memberikan informasi penting bagi saya untuk menambah wawasan saya sebagai seorang murid.
Kalau  kita melihat pemerintah kita sedang berusaha untuk menggunakan internet dalam memudahkan segala urusan. Mengurus perijinan misalnya, bisa diurus secara online. Dengan mengurus secara online maka bisa memudahkan para pelaku usaha untuk tidak membuang-buang waktu dan antre untuk mengurus ijin usahanya. Selain itu juga, hampir semua lembaga pemerintah berusaha menerapkan system online, baik itu menyangkut anggaran dan system pertanggung jawaban kepada masyarakat.  
Harapan kami bagi Indonesia adalah bisa menggunakan internet untuk memudahkan segala urusan dan terutama bisa membantu mempromosikan tempat-tempat yang bagus ke seluruh dunia agar para turis asing bisa datang dan berkunjung ke Indonesia. Indonesia hebat!! (Valery Kopong)


No comments: