Wednesday, July 13, 2011

Urgensi Kritik Sastra NTT

Oleh Viktorius P. Feka (Alumnus FKIP Undana, Peminat Sastra)

TRADISI kritik sastra yang berkembang di Indonesia pada umumnya dan NTT pada khususnya masih tergolong muda. Tradisi kritik sastra ini belum begitu berkembang dengan baik oleh karena tiga (3) faktor, yakni: pertama, usia sastra kita yang masih tergolong belia sehingga muncul rasa reluktansi (sense of reluctance) untuk mengeritik dan berceloteh tentang sastra.

Kedua, minimnya minat dan atensi terhadap sastra itu sendiri sehingga mengakibatkan mandulnya reproduksi kritik sastra. Ketiga, belum adanya koran sastra atau koran yang menyediakan rubrik/kolom sastra untuk kritik sastra.

Sejarah Kritik Sastra di Indonesia

Sebelum kita berkelana menyisir tradisi kritik sastra di NTT (bumi Flobamora), saya ingin mengajak kita sekalian untuk sekilas menengok perkembangan kritik sastra dahulu kala. Dalam buku Kritik Sastra karya Drs. Atar Semi (1989:64-65) dikemukakan bahwa kritik sastra Indonesia baru dikenal setelah budayawan dan sastrawan mengenyam pendidikan Barat. Sebelum itu, penilaian atas karya sastra hanyalah dalam hubungan dengan kepercayaan, agama, dan mistik. Pendidikan Barat membuka mata para sastrawan dan budayawan pada umumnya, bahwa sastra tidak sepenuhnya ditautkan dengan dunia keagamaan, dan sastra tidak akan kehilangan hakekatnya walaupun dilepaskan dari norma keagamaan.

Seiring dengan kesadaran itu, orang mulai memikirkan tentang hakekat sastra serta bagaimana menemukan dan mencari nilai sastra. Hal ini menimbulkan minat pula dalam membaca dan mempelajari tentang permasalahan esei dan kritik sastra yang berkembang pesat di negara-negara lain.

Pada saat itu, dunia kritik sastra mulai muncul di Indonesia. Semuanya itu bermula pada awal abad kedua puluh.
Terinspirasi oleh sejarah sastra ini, maka mulai diciptakanlah tradisi kritik sastra di Indonesia. Hal ini ditandai dengan adanya penulisan buku kritik sastra dan tak kalah media cetak pun menyediakan kolom sastra untuk memuat karya sastra dan kritik sastra.


Misalnya, buku Pokok dan Tokoh karya A. Teeuw, seorang mahaguru yang menaruh perhatian terhadap kesusteraan Indonesia. Tulisan-tulisan kritik sastra juga ditulis oleh para pujangga baru Indonesia, seperti J.E Tatengkeng, di bawah judul Penyelidikan dan Pengakuan serta karangan-karangan Sutan Takdir Alisjahbana, Armin Pane. H. B. Jassin pun muncul dengan buku kritik dan esei di bawah judul Kesusteraan Indo-nesia Modern dalam kritik dan esei pada tahun 1954. Setelah itu, muncullah kritik-kritik sastra yang dihasilkan oleh tokoh-tokoh lebih muda yang sebagian besar mu-rid-murid H.B. Jassin, antara lain Boen S. Oemaryati, J. U. Nasution, M.S. Hutagalung.


Dari kalangan sastrawan atau pengarang pun bermunculan karya-karya kritik sastra antara lain Gunawan Muhamad, Arif Budiman, Asrul Sani, Sapardi Djoko Damono, Sitor Situmorang, Ajip Rosidi.


Majalah sastra dan budaya yang memuat kritik sastra adalah Mimbar Indonesia, Siasat, Budaya, Basis, Budaya Jaya, Horison, sedangkan surat kabar seperti Sinar Harapan, Kompas, Indonesia Raya, Merdeka, dan Suara Karya.


Meskipun kritik sastra masih tertatih-tatih berjalan menuruti perkembangan zaman, kritik sastra Indonesia tetap berkembang dan bertumbuh begitu baik. Kritik sastra tetap dilakukan untuk memberikan penilaian terhadap suatu hasil karya sastra. Hal ini dapat kita saksikan pada media cetak yang tersebar di pulau Jawa dan sekitarnya, kolom sastra selalu disediakan untuk memublikasikan segala karya berbau sastra.
Lantas bagaimana dengan konteks kritik sastra di NTT? Pertanyaan ini merupakan langkah awal bagi penulis dan kita semua untuk menyisir kritik sastra di NTT.


Menyisir Kritik Sastra NTT


Dalam konteks NTT, rupanya kritik sastra belum mentradisi sebagaimana yang ada di tanah Jawa. Sejauh pengamatan penulis, tradisi kritik sastra NTT belum dibangun dan diciptakan dengan baik untuk memberikan apresiasi terhadap suatu karya sastra. Padahal boleh dikatakan NTT memiliki sastrawan/i yang tak kalah bersaing juga dengan para sastrawan/i di daerah lain. Atau mungkin saja penulis keliru karena belum membaca media cetak lainnya, selain Harian Pos Kupang (PK). Namun di balik tak berkembangnya tradisi kritik sastra ini, PK telah mulai membuka ruang kritik sastra.


Kita patut berbangga dan mengapresiasi inisiatif PK yang ugahari berikhtiar berdonasi dalam pengembangan karya sastra di NTT. Sebagai salah satu media besar di NTT, media ini selalu menyuplai rubrik imajinasi untuk memublikasikan karya-karya sastra semisal puisi dan cerpen. Tak hanya beristirahat di sini, PK pun mengepakkan sayap kreatif-inovatifnya menuju dunia kritik sastra. Tentunya ini merupakan suatu kebanggaan kita bersama teristimewa yang concern terhadap dunia sunyi (sastra) Flobamora.


Dalam catatan penulis, PK telah memulai dan melakukan kritik sastra. Kritik sastra ini didalangi pak Julianus Akoit (wartawan PK) pada edisi Minggu, 10 April 2011 (kritik cerpen KKS karya Taty Gantir), 8 Mei 2011 (kritik puisi terhadap 3 penyair pemula; Mario F. Lawi, Viktorius P. Feka dan Dion Tunty), dan 29 Mei 2011 (kritik cerpen SKDR karya Mario F. Lawi). Masyarakat NTT patut berbangga dengan munculnya kritikus mumpuni, yang mesti masih belia, telah memulai apresiasi sastra dalam rubrik imajinasi PK. Dengan keterbatasan yang dimiliki beliau mencurahkan atensinya terhadap fertilitas karya sastra di NTT. Salah satu hal yang dilakukannya adalah kritik sastra.


Bagi sebagian orang, kemunculan kritik sastra di PK mungkin saja dipandang sebagai cambuk pematian dan pelemahan terhadap bakat dan minat karya sastra. Atau adakalanya kritik sastra itu dapat memengaruhi aspek psikologis dan sosiologis seorang sastrawan/i pemula yang hasil karya sastranya dikritik. Namun bagi saya, kritik sastra ini urgen diperlukan dengan dilandasi dua alasan, yakni: pertama, kritik sastra adalah pupuk (literary fertilizer).

Kritik sastra bak pupuk yang mutlak diperlukan untuk memupuk dan menumbuhkembangkan benih-benih sastra yang ditaburkan di dalam taman/ladang sastra. Presensi kritik sastra ini akan selalu menambah fertilitas pertumbuhan karya sastra di NTT. Kedua, kritik sastra adalah oase. Kritik sastra bak oase yang mutlak dibutuhkan untuk memberikan kesegaran kepada mereka yang dehidrasi di tengah padang sastra. Kritik sastra ini pula dilakukan untuk memacu minat dan bakat seorang calon sastrawan/i untuk menjadikan karyanya sempurna.


Oleh sebab itu, kritik sastra sangat diperlukan demi terciptanya reproduksi sastrawan/i NTT. Mengapa tidak? Masyarakat NTT memiliki potensi yang luar biasa dalam dunia sastra. Bakat menulis sastra baik berupa puisi, cerpen, cerber maupun novel, dsb merupakan suatu berkah yang mesti dikembangkan.

Dalam pengembangan karya sastra, tentu-nya kritik sastra pun berperan dalam ikh-tiar penyempurnaan sebuah karya sastra. Sebab di dalam suatu kritik sastra kita dapat menemukan kelebihan dan kekura-ngan yang mesti dipertahankan/diting-katkan dan diperbaiki/direvisi. Untuk itu, kita semua berharap agar PK sebagai peretas kritik sastra di NTT tetap terus melakukan kritik sastra. Kritik sastra mesti dijadikan sebagai sebuah tradisi demi fertilitas dan perfeksi karya sastra di NTT.

Tambahan pula, semoga PK pun berkenan menyediakan rubrik/kolom kritik sastra bagi pihak luar (non-PK) yang ingin melakukan kritik sastra. Sebab harumnya nama Flobamora menjadi tanggung jawab dan kebanggaan kita semua.*

No comments: