Friday, February 5, 2016

UPACARA PEMILIHAN KETUA OSIS


                Setiap tahun, terjadi pergantian ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah). Pergantian ini dilakukan karena angkatan yang memegang tampuk pimpinan OSIS mau selesai dan menamatkan pendidikan pada jenjang sekolah itu. Menyadari bahwa kehadiran OSIS menjadi bagian penting  dalam mengelola kegiatan sekolah maka pihak sekolah umumnya dan SMP Maria Mediatrix khususnya, secara selektif memilih para pengurus OSIS. Sangat diharapkan bahwa para pengurus OSIS yang nantinya mendukung pergerakan kegiatan-kegiatan sekolah, karenanya orang-orang yang terpilih, tidak hanya menjadi ketua OSIS tetapi para pengurus secara keseluruhan bisa bekerja secara maksimal.
               
Bagaimana caranya supaya para guru dan karyawan bisa menemukan seorang calon ketua OSIS yang handal dan kelak akan bekerja secara baik? Memang, untuk mendapatkan seorang pemimpin (OSIS) butuh waktu dan proses seleksi yang matang. Proses penjaringan para calon ketua OSIS menjadi fokus perhatian guru dan para pengurus OSIS yang lama. Proses seleksi ini menjadi tanda bahwa memilih ketua OSIS tidak hanya sekedar memilih tetapi juga mempertimbangkan banyak aspek, seperti intelektualitas dan kemampuan manajerial dalam mengelola sebuah organisasi yang bernama OSIS.
                Sebuah tradisi yang telah dibangun oleh SMP Maria Mediatrix  dalam proses memperkenalkan para kandidat (calon) melalui penyelenggaraan  upacara  bendera.  Melalui upacara bendera ini, pimpinan SMP Maria Mediatrix dan para guru, memperkenalkan para calon ketua OSIS secara terbuka di hadapan para siswa-siswi. Upacara  seleksi calon ketua OSIS dilaksanakan pada tanggal 6 November 2015, adalah saat-saat yang menegangkan bagi keenam calon ketua OSIS SMP Maria Mediatrix tahun 2015 / 2016. Upacara ini diisi oleh dengan penyampaian visi, misi serta program yang akan dilakukan oleh calon ketua OSIS baru. Setiap kelas telah memilih kandidat calon ketua OSIS baru, di antaranya:
1.       Ayu Christien Daeli (8.1)
2.       Cicilia Septa Rolies (8.2)
3.       Fira Stefania Klau (8.3)
4.       Lanny (7.2)
5.       Odilia Ning Intan Restu Hapsari  (7.2)
6.       Robby Kurniasandy (7.3)
Keenam calon ketua OSIS telah menyampaikan visi dan misi serta program mereka sebelumnya pada hari Senin, 2 November 2015 dengan cara mengunjungi para siswa di tiap-tiap kelas.  Dengan mengunjungi tiap-tiap kelas, para calon ketua OSIS  mendapat sambutan baik di tiap-tiap kelas.   Keenam calon menyampaikan visi, misi dan program mereka dengan baik. Pemilihan ketua OSIS dipilih melalui pemilihan suara yang diadakan oleh OSIS lama, tahun 2014/2015. Seluruh siswa SMP Maria Mediatrix mengikuti pemilihan suara ini seusai pelaksanaan upacara. Satu demi satu calon ketua OSIS maju ke tengah lapangan untuk menyampaikan visi, misi dan program mereka. Para pengurus OSIS juga telah maju ke depan untuk segera membagikan kertas  pemilihan suara seusai para calon ketua OSIS membacakan visi-misi mereka.


Setelah membagikan kertas pemilihan dan juga pulpen, mereka segera mengumpulkan kembali kertas  pemilihan suara ke dalam sebuah kotak. Jumlah suara akan dihitung oleh para guru dan kemudian akan diumumkan pada saat L.DK.***(Cicil)  

No comments: