Monday, February 22, 2016

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER


Setiap sekolah umumnya mengadakan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ini diadakan selepas proses belajar mengajar. Walau dalam kondisi yang sangat lelah dan cape tetapi masing-masing siswa/i berhak memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sudah disediakan oleh pihak sekolah. Di sini, bisa dilihat bahwa setiap sekolah memiliki kepedulian yang sangat tinggi terhadap pola pengembangan bakat dan kemampuan siswa/i.  Kemampuan  yang dimiliki oleh setiap siswa/i memang berbeda-beda dan karena itu dalam proses penentuan kegiatan ekstrakurikuler harus berdasarkan keberagaman kemampuan yang dimiliki oleh para peserta.  Beberapa ketrampilan yang dimiliki oleh setiap siswa-siswi menjadi fokus perhatian sekolah dalam memulai pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler.
Pengalaman menunjukkan bahwa prestasi yang diraih oleh siswa-siswi tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan akademik tetapi juga keterampilan lain yang juga membawa siswa-siswi mengarah pada jenjang kesuksesan. Menyadari begitu pentingnya kegiatan pengembangan diri dan bakat para siswa-siswi maka pihak sekolah memberanikan diri menyediakan para tenaga pelatih teknis dan mendukungnya dengan sarana dan prasarana. Memberi ruang untuk mengembangkan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler, secara tidak langsung, pihak sekolah sedang mempersiapkan generasi yang handal dan tangguh untuk bersaing dengan berbekal pada kemampuan akademik dan keterampilan yang dimilikinya.
SMP Maria Mediatrix begitu menyadari betapa pentingnya pendampingan siswa-siswi dalam proses pembentukan karakter melalui kegiatan ektrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler menjadi semacam pembekalan yang berharga bagi siswa-siswi yang tidak lain adalah pemilik masa depan nanti. Mereka bisa bertarung dan bersaing secara sehat dengan kemampuan yang dimilikinya. Beberapa mata kegiatan ekstrakurikuler telah disediakan oleh pihak sekolah, seperti volley ball, badminton, futsal, jurnalistik, fotography,  bina vokal,  dan gitar. Jenis kegiatan ekstrakurikuler ini diadakan berdasarkan minat dan kemampuan siswa-siswi. Setiap  siswa-siswi berhak memilih tiga mata kegiatan ekstrakurikuler.  
Para pelatih kegiatan ekstrakurikuler, ada yang merupakan guru di SMP Maria Mediatrix dan ada juga yang didatangkan dari luar sekolah. Para pelatih yang dipilih oleh pihak sekolah SMP Maria Mediatrix ini adalah orang-orang yang dianggap mampu dalam bidang yang digelutinya. Ketika kegiatan ekskul itu berjalan secara baik dan terakhir, akan terlihat hasil yang merupakan output dari apa yang digeluti selama ini. Beberapa penuturan pengalaman pribadi dari siswa-siswi yang terlibat langsung dengan kegiatan ektrakurikuler ini. Mereka coba untuk menggoreskan pengalaman mereka ketika terjun ke dalam dunia yang mengasah kemampuan mereka.
Ekstrakurikuler  jurnalistik merupakan salah satu mata kegiatan yang cukup banyak diminati oleh siswa-siswi. Tim redaksi sempat merekam pengalaman tiga orang peserta jurnalistik yang selama ini dengan tekun  mengikuti kegiatan jurnalistik. Menurut Ricky Martin, dengan mengikuti kegiatan jurnalistik bisa menambah pengalaman baru yang sebelumnya tidak pernah didapatkan. Pengalaman baru menurut Ricky adalah bisa belajar dan mengenal karakter dari semua tulisan, seperti menulis berita, feature, opini, cerpen, puisi. Melalui kegiatan ekstrakurikuler ini, mereka dilatih agar menjadi lebih tahu tentang semua hal yang berkaitan dengan dunia jurnalistik. Kegiatan ekstrakurikuler ini diadakan juga untuk mendukung keberlangsungan penerbitan Majalah KISS. Kehadiran Majalah KISS  menjadi wadah yang baik bagi siswa-siswi untuk menuangkan seluruh gagasan dan pengalaman dalam bentuk tulisan. Belajar menulis itu butuh sebuah proses panjang dan proses menulis ini sedang ditanamkan oleh pihak sekolah SMP Maria Mediatrix, tidak hanya menyediakan Majalah KISS tetapi juga melatih para siswa-siswi yang berminat dalam dunia jurnalistik untuk melatih diri menulis melalui kegiatan ekstrakurikuler jurnalistik.  
Tak hanya  kegiatan jurnalistik. Siswa-siswi lain juga berkesempatan memilih bina vokal. Bina vokal merupakan salah satu ekskul yang  cukup banyak digemari oleh siswa-siswi.  Yoan, siswi kelas 7.2 adalah seorang siswi yang berusaha untuk mengolah kemampuan untuk menyanyi yang lebih baik. Menurutnya, seseorang bisa bernyanyi secara baik apabila mengikuti teknik  mengolah vokal secara baik dan juga bagaimana mengatur teknik pernafasan yang baik pula. “Bina vokal itu bikin kita tahu cara-cara bernyanyi yang benar, “cerita Yoan pada redaksi Kiss MM.  Banyak orang memiliki kemampuan vokal yang baik  dan mungkin juga bernyanyi secara baik pula. Tetapi kelebihan yang dimiliki ini perlu dibarengi  juga dengan teknik menyanyi secara baik. Bagaimana mengelola pernapasan secara baik agar ketika menyanyi, suara yang dihasilkan tidak terseret.    

      Selain itu, sebagian besar siswa-siswi yang mengikuti kegiatan Volley Ball. Seperti yang dituturkan oleh Ni Komang (Kelas 9.1) bahwa menurutnya dengan mengikuti kegiatan Volley bisa melatih kekuatan tangan dan kelincahan untuk memukul bola ke arah  lawan. “Saya mengikuti volley untuk memperdalam keahlian saya dalam bidang olah raga, “tutur Ni Komang kepada tim redaksi Kiss MM. Berolahraga di zaman ini merupakan sebuah kebutuhan dan tuntutan agar bisa sehat karena hanya dengan bermodalkan kesehatan yang baik, seluruh kegiatan lain bisa terlaksana yang baik pula. Berolahraga   tidak hanya menggerakkan seluruh anggota tubuh tetapi lebih dari itu, dalam berolahraga, ada seni mengolah tubuh dan menampilkan nilai seni lain dalam bermain, terutama Volley Ball.***(Red)

No comments: