Saturday, November 27, 2010

Mahasiswa FKIP Undana Ribut dengan Akademi Teknik Kupang

E-mail Print PDF

Kupang, FloresNews.com - Ratusan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Nusa Cendana (Undana) dan Akademi Teknik Kupang (ATK), Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (22/11), terlibat tawuran. Tawuran dipicu dendam lama antarmahasiswa dua universitas tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah. Sejumlah kaca kampus dua fakultas pecah terkena lemparan batu.



Tidak hanya itu. Dua kendaraan roda dua yang berada di halaman kampus Undana hancur dirusak mahasiswa. Aparat kepolisian dari Polres Kota Kupang, yang tiba beberapa saat setelah tawuran, menutup gerbang kampus guna menghindari tawuran meluas. Menurut Petrus, mahasiswa FKIP Undana, mengatakan, tawuran dipicu dendam mahasiswa FKIP yang sebelumnya dianiaya oleh mahasiswa ATK pada Jumat pekan lalu.

Ketika itu, mahasiswa dari dua universitas itu menenggak minuman keras. Mahasiswa ATK kemudian menganiaya seorang mahasiswa FKIP Undana hingga mendapat perawatan di rumah sakit. "Awalnya mahasiswa FKIP yang menyerang ATK," katanya.

Tawuran itu baru reda setelah aparat kepolisian dari Polisi daerah (Polda) NTT dan Polres Kota Kupang mengeluarkan tembakan peringatan. Tawuran sudah berkembang yang melibatkan masyarakat umum. Selain itu, Pembantu Rektor Kemahasiswaan Undana Marthen Kappa juga turun ke lokasi
tawuran dan menenangkan kedua kelompok mahasiswa yang terlibat tawuran. "Saya minta kedua kelompok mahasiswa ini untuk bisa menahan diri," katanya. Menurut dia, tawuran itu harus diselesaikan secara hukum. "Karena ada fasilitas negara yang rusak, maka ada yang harus ditindak," katanya.(mi)

No comments: