Monday, April 18, 2016

PERGILAH, JADIKANLAH SEMUA BANGSA MURIDKU

Situasi keberimanan di Eropa kurang terlalu nampak ketika gereja yang megah tetapi tidak menampakkan aura iman yang baik karena umat tidak aktif dalam kegiatan menggereja.  Tetapi kita percaya bahwa kehadiran Gereja memberi pengaruh yang luar biasa terhadap perkembangan iman. Ketika Gereja kehilangan relevansinya bagi kehidupan konkret maka Gereja akan ditinggalkan. Banyak orang pindah agama karena kebermaknaan hidup beragama sudah mulai hilang. Agama memberi hidup saya menjadi lebih baik, itu merupakan pergulatan hidup orang pada masa kini.
            Ada masalah yang dihadapi, tetapi Gereja juga belum tentu memberikan solusi karena berbenturan dengan aturan. Contoh jelas adalah masalah perkawinan yang dialami oleh umat Katolik. Gereja di masing-masing benua memiliki persoalan perkawinan yang berbeda-beda. Misalnya di benua Asia lebih bermasalah berkaitan dengan kawin-cerai, benua Afrika lebih mengarah pada masalah poligami dan benua Eropa menghadapi masalah perkawinan sejenis.
            Gereja mengalami desertifikasi rohani dan masuk dalam arus relativisme. Tradisi ditinggalkan demi mengejar kemajuan dan kesuksesan. Paus berharap iman dinyalakan kembali. Paus Fransiskus mengatakan bahwa terang iman mulai meredup di tengah arus materialisme. Proses sekularisasi berpotensi menggerus iman. Gereja menjadi sekedar urusan pribadi dan terdalam seorang pribadi. Relatisme berkembang pesat di wilayah Eropa.
            Di hadapan para penyuluh Agama Katolik, Romo FX. Sugiyana lebih jauh menekankan ada tiga panggilan sebagai orang yang Kristiani. Ada tiga panggilan hidup manusia: dipanggil untuk mengambil bagian dalam pesta dan menikmati rahmat-Nya, dipanggil untuk mengambil bagian dalam tugas dan karya Tuhan, dipanggil untuk pengadilan terakhir. Allah lebih sering berkarya dengan memakai manusia untuk melayani sesamanya.  Allah memakai orang-orang biasa untuk menjalankan rencananya yang luar biasa. Paus Fransiskus terus menyerukan pembaharuan Gereja dan proses pembaharuan ini tidak bisa ditunda lagi. Dengan adanya pembaharuan berarti nyala iman yang “mungkin selama ini redup,”  harus dinyalakan kembali agar terang kebenaran bisa menuntun perjalanan Gereja ini.***(Valery Kopong)


No comments: