Friday, December 17, 2010

Maria Matildis Banda
Antara Lembata dan Adonara
Minggu, 14 Maret 2010 | 20:24 WIB

Jika Rara berperahu motor dari Larantuka ke Lembata, motor Rara selalu singgah di Adonara. Demikian pula ketika pulang dari Lembata, Rara pun singgah di sebuah pulau ternama, Adonara demi Jaki temannya. Antara Lembata dan Adonara, selayaknya pulau kenangan tak terlupakan, karena masyarakatnya yang ramah tama.
"Itu sebenarnya Lembata," Rara putra asli Lembata bangga bukan main.
"Itu juga sebenarnya Adonara," Jaki tidak mau kalah sebagai putra asli Adonara. Meskipun sudah bertahun-tahun merantau jauh di tanah orang, keduanya tetaplah putra asli daerah yang prihatin dengan berbagai kisah duka dari tanah nenek moyang.
***
Semestinya ada cinta di sana. Tetapi mengapa, Lembata bergelimang air mata duka Langodai dan tambang emas? Adonara tenggelam dalam sengketa saudara? Pemuda Lembata dikenal jujur dan setia. Pahit atau pun manis, biasanya pemuda Lembata siap bertanggung jawab. Pemberani adalah ciri pemuda Adonara. Membela kebenaran itulah Adonara. Namun mengapa mesti dengan parang dan darah?

"Pasti ada sesuatu yang sudah terjadi Lembata," kata Rara dengan wajah murung. "Apakah Lembata sudah kehilangan cinta antarsesama?"

"Ya, mungkin saja karena ada oknum di kampung halaman yang langgar janji setia sesama saudara. Mungkin saja ada oknum di kampungmu yang mau jual perut bumi Lembata yang akan dibongkar. Wah, kasihan dia..." Jaki menduga-duga.

"Ya, dan Adonaramu itu. Sudah kehilangan apakah? Sampai tega dua pihak bersaudara sejak jaman nenek moyang mesti angkat senjata?" Tanya Rara.
***
Ah, Lembata! Seandainya perut bumimu sanggup bicara betapa kaya kandungannya. Namun kekayaan itu bukan untuk diobrak-abrik dan dibongkar, tetapi untuk utuh selamanya memberi tempat hidup anak cucu. Seandainya lautan yang mengelilingimu dan desis ikan dapat menyanyikan lagu kekayaanmu. Tidak perlu ada kepahitan di Lembata. Kekayaan tidak perlu dengan membelah perutmu, tetapi biarlah nyanyian ikan sepanjang waktumu tumbuh dan berkembang turun-temurun. Tidak perlu ada air mata Langodai tuk membuatmu terkenal dimana-mana. Bukankah nyanyian paus dan berbagai jenis satwa laut sudah lama berdendang? Ah, Lembata!

Ah, Adonara! Tidak perlu ada sengketa. Bukankah Desa Lamahala dan Harowura bersaudara sejak jaman dulu. Mengapa kini persaudaraan dan kebijakan yang diturunkan nenek moyang dilanggar sendiri. Mungkinkah karena putra-putri kedua desa sudah terlalu lama memikirkan diri sendiri sehingga lupa menyapa leluhurnya?
***
"Hanya cinta keluarga yang sesungguhnya ada di Lembata dan Adonara," demikian kata Nona Mia sahabat Jaki dan Rara. Namun mengapa persaudaraan mesti ternoda.

"Ketika kekuasaan dan kepentingan pribadi dan kelompok digenggam secara membabi buta, jangan heran kalau sengketa yang terjadi," sambung Benza.

Seharusnya ada kisah kasih di sana. Tetapi mengapa, Lembata terus dijadikan sengketa oleh orang-orang Lembata sendiri? Ketika sesama saudara rela membunuh dan menghancurkan. Ada apa dengan Lembata? Satu dua kasus saja, sesungguhnya menjadi pertanyaan besar bagi penghuni pulau yang konon berperutkan emas permata- di pulau terbesar yang paling dekat dengan Flores itu? Ada apa pula dengan Adonara, yang sedang berjuang untuk menjadi Kabupaten sendiri. Bagaimana bisa berjalan mulus kalau belum-apa-apa sudah baku hantam?
***
"Jangan tambah panas!" Potong Nona Mia dengan perlahan. "Bumi sudah begini panas, persoalan sudah begitu panas, perang tanding dan vonis pengadilan sudah membakar bumi. Jangan bikin tambah panas lagi!"
"Tetapi aku mesti pulang!" Jaki dan Rara hampir bersamaan.
"Pulanglah membawa damai," kata Benza.

"Pulanglah membawa cinta untuk Adonara," kata Nona Mia. "Syukurlah, tokoh adat kedua belah pihak sudah siap berdamai demi anak cucu," sambung Nona Mia lagi.

"Pulanglah... dan hembuslah angin surga untuk Adonara dan Lembata," kata Benza.
"Angin surga?" Tanya Jaki.
"Dari mana kubawa angin surga?"

"Dari hati orang Lembata dan Adonara yang aslinya suka damai..."
"Ooooh aku suka damai?" Tanya Rara.
"Apakah benar aku juga suka damai?" Tanya Jaki.
Tanyalah pada Lembata dan Adonara. *

No comments: