Friday, December 17, 2010

Padamu Negeri
Oleh Maria Mathildis Banda
pk/nia
Maria Mathildis Banda
Minggu, 12 Desember 2010 | 19:10 WIB

ADA-ADA saja cara orang merayakan hari anti korupsi dunia, yang jatuh pada tanggal 9 Desember lalu. Ada yang tulis puisi, baca puisi tulisan sendiri, diskusi, seminar, jumpa pers, dan lain-lain. Untuk menyuarakan pekan Anti Korupsi 2010, Kementerian Kelautan dan Perikanan mengadakan lomba puisi dan gambar karikatur dengan tema, "menumbuhkembangkan budaya anti korupsi untuk menjadikan Indonesia produsen ikan terbesar tahun 2015."

"Kreatif sekali ya cara merayakan hari anti korupsi!" komentar Nona Mia sambil membaca puisi Padamu Negeri tulisan Yudi yang di-download dari internet http://old.nabble.com/Hari-Anti-Korupsi-Dunia kemarin pagi. Nona Mia menyanyi dengan irama lagu Padamu Negeri:

Padamu negeri, aku mengabdi

Padamu negeri, aku menghabisi

Padamu negeri, aku korupsi

Padamu negeri, aku mengkhianati

Padamu negeri, aku lariiii

"Ada tambahan bait terakhir... Bagimu negeri, tiada arti lagi..." sambung Benza sambil tertawa.

***
Maunya sih seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, mengarahkan perhatian pada lomba. Tanpa sadar menanamkan dalam pikiran dan hati karyawannya untuk mengerti satu hal bahwa korupsi itu dalam bentuk apa pun memang enak, tetapi penuh dusta.

"Tetapi puisi yang satu ini terlalu keras diksi dan maknanya," sambung Nona Mia sambil menunjukkan puisi karangan Adi Massardi yang sudah pernah dibaca Adi di halaman kantor KPK sebagai bagian dari aksi keprihatinan nasional setahun lalu.

"Apa judulnya?" Tanya Rara dan Jaki bersamaan.

"Negeri para bedebah!"

"Aduh, mengerikan sekali! Bagaimana isinya?"

***
"Ini dia: Ada satu negeri yang dihuni para bedebah- Lautnya pernah dibelah tongkat Musa- Nuh meninggalkan daratannya karena direndam bah- Dari langit burung-burung kondor menjatuhkan bebatuan menyala-nyala - Tahukah kamu ciri-ciri negara para bedebah - Itulah negeri yang para pemimpinnya hidup mewah- Tapi rakyatnya makan dan mengais sampah- Atau menjadi kuli di negeri orang - Yang upahnya serapah dan bogem. Orang baik dan bersih dianggap salah- Dipenjarakan hanya karena sering ketemu wartawan - Menipu rakyat dengan pemilu menjadi lumrah- Karena hanya penguasa yang boleh marah- Sedangkan rakyatnya hanya bisa pasrah. Jangan tergesa-gesa-mengadu kepada Allah - Karena Tuhan tak akan mengubah apa suatu kaum- Kecuali kaum itu sendiri mengubahnya - Maka bila melihat negeri dikuasai para bedebah. Usirlah mereka dengan revolusi - Bila tak mampu dengan revolusi, dengan demonstrasi - Bila tak mampu dengan demonstrasi, dengan diskusi - Tapi itulah selemah-lemahnya iman perjuangan..."

"Puisi karangan siapa ya? Berani benar! Apakah tidak takut ditangkap!" Rara mengerutkan kening. Jaki justru membelalak dan berkedip-kedip.

"Adhie Massardi Sekretaris Jenderal Komite Bangkit Indonesia..."

"Orang Indonesia ya?" Semua terheran-heran menyadari ada orang Indonesia yang berani seperti Adi. Bayangkan! Sampai berani mengucapkan "Negeri para bedebah., aduh maaak sudah separah inikah negeri tercinta kita? Tetapi, kalau tidak ada orang yang berani dan nekat untuk mengkritisi dengan akurat situasi bangsa, siapa lagi? Apakah bangsa kita akan dibiarkan terus terpuruk?

"Tetapi memang harus ada orang yang berani..." Nona Mia terpekur.

***
"Apakah kamu juga sudah siapkan puisinya?" Tanya Benza. Cepat-cepat Jaki dan Rara beraksi. Cara yang paling gampang untuk kedua orang muda ini adalah demo. Biar masuk koran biar kelihatan hebat sama orang-orang. Biar kelihatan agak menakutkan meskipun keroposan juga alias tidak kreatif.

"Aku akan baca puisi juga, judulnya Doa Seorang Koruptor karya Asmari Rahman," Jaki tidak mau kalah dengan Nona Mia dan Benza. "Puisi ini pasti terinspirasi dari kasus Gayus nonton tenis di Nusa Dua Bali.

"Bagaimana isinya?"

"Ini dia! Tuhan ... jadikanlah penegak hukum negeri ini sebagai budak harta - agar gampang kusuap dan kuatur putusannya - jadikanlah polisi negeri ini, polisi yang silau matanya melihat kekayaanku - jadikanlah jaksa negeri ini, jaksa yang bisa kuajak kompromi - jadikanlah hakim negeri ini, hakim yang bisa mengatur dan meringankan hukumanku - Jika aku diputuskan bersalah - jadikanlah sipir penjara itu sebagai teman yang baik hati pada ku - agar gampang kuatur ruang tahanku seperti kamar hotel mewah - agar aku bisa pulang mereguk kehangatan tubuh istriku - agar malamku tak sesepi kaum terpidana maling ayam - agar bisa kujalani hukuman ini dengan kepura-puraan - Ya Tuhan ku..."

"Cukup, Jaki! Puisi yang kamu kutip dari siapa? Asmari Rahman? Sudahlah tidak perlu kata-kata yang menyakitkan lagi. Entah puisi entah apa pun. Lebih baik cukup satu puisi saja!" Protes Nona Mia.

***
"Bagaimana menurutmu Benza?"

"Ya, cukup satu puisi saja. Padamu Negeri!"

"Sesuai aslinya atau sesuai dengan Padamu Negeri tulisan Yudi?"

"Yang asli saja. Sesakit-sakitnya hati kita mesti kembali kepada yang asli. Bagimu negeri jiwa raga kami..."

"Bukan padamu negeri aku lari?"

"Bukan!" **

No comments: