Friday, June 4, 2010

DIBAPTIS UNTUK MENJADI ANAK ALLAH

Pembaptisan merupakan peristiwa penting dalam Gereja Katolik. Melalui pembaptisan, seseorang diterima secara resmi untuk masuk menjadi anggota Gereja. “Anda telah dibaptis dan resmi menjadi anggota Gereja dan Anak Allah,” demikian Pastor Charles Javlean, Pr. Hal ini disampaikan dalam khotbahnya ketika mempermandikan 84 orang dewasa. Pembaptisan dewasa yang berlangsung pada Minggu, 14 Maret 2010 di Gereja Stasi Santo Gregorius ini merupakan kelompok baptis yang dipersiapkan untuk Paskah tahun ini. Karena terlalu banyak orang yang dibaptis dan dalam pembaptisan itu masih ada lagi sakramen yang diterimakan maka dengan alasan ini pembaptisan didahulukan sebelum pelaksanaan Paskah. Walaupun pembaptisan tidak terlaksana persis pada malam Paskah tetapi suasana pembaptisan berjalan dengan khidmat. Ada rasa haru dan sedih yang terlihat pada wajah calon baptis. Beberapa pasangan yang dibaptis dan menerima sakramen krisma dan perkawinan merasa haru karena mereka sudah mendambakan pembaptisan serta perkawinan secara katolik selama belasan tahun.
Sebelum dibaptis, mereka semua dibimbing dan dipersiapkan untuk mengenal Kristus secara lebih mendalam. Menurut Fredy, salah seorang pembimbing para katekumen ketika ditemui, menuturkan bahwa hampir 6 bulan mereka dibimbing dan dalam proses bimbingan itu selalu dipantau soal komitmen dan keseriusan para calon.
Mereka yang dibaptis untuk menjadi katolik umumnya dikarenakan perkawinan yang beda agama. Dalam peristiwa ini, tidak hanya sakramen pembaptisan yang diterima tetapi juga sakramen krisma dan bahkan bagi pasangan yang sudah berkeluarga,langsung menerimakan sakramen perkawinan. Upacara pembaptisan ini dimeriahkan oleh koor inti Stasi Gregorius kota Bumi – Tangerang, di bawah pimpinan bapak Yulius Totok. ***(Valery Kopong)

No comments: