Tuesday, October 6, 2020

Berbuat Baik

 Pada suatu hari saya naik sepeda motor varioku secara pelan-pelan. Saya mau pergi menuju rumah.Ternyata, dalan perjalanan naik sepeda motorku itu, tiba-tiba bensin sepeda motorku habis.Terpaksa aku harus turun dari sepeda motorku, lalu aku mendorong sepeda motorku dengan bercucuran keringat.Aku lihat kanan kiri jalan, ternyata tidak ada toko penjual bensin.Lalu aku lanjutkan mendorong sepeda motorku.Setelah saya mendorong sepeda motorku lima ratus meter, tiba-tiba ada seorang pemuda menawarkan bantuan kepadaku.Dia bertanya , 'Kenapa Pak ? "
"Aduh dik,kehabisan bensin.Saya tidak periksa isi bensinnya.Ternyata udah habis," kataku. "Boleh saya bantu Pak", kata dia. "Oh ya, terima kasih", kataku kepadanya. Lalu aku naik sepeda motorku dan sang pemuda itu mendorong sepeda motorku dari belakang dengan kakinya.Sang pemuda itu mendorong sepeda motorku sampai di pom bensin.Aku merasa lega, karena aku tidak mendorong lagi.Aku tidak bercucuran keringat lagi.Lalu saya katakan kepadanya, " Terima kasih dik." " Sama-sama Pak,"  sahutnya. Lalu sang pemuda itu meninggalkan aku. 

 Aku tak kenal dia.Dia tak kenal aku. Aku juga tidak bertanya siapa namanya, agamanya apa, dari suku apa, apa warna kulitnya.Dia pun juga ngak bertanya-tanya tentang diriku,apa status sosialnya atau rakyat biasa . Semuanya terjadi secara spontan. Itulah kebaikan dan belas kasih yang tulus. Aku telah merasakan kebaikan dan belas kasih dari sesamaku. Saya yakin itu adalah belas kasih dan kebaikan Allah yang dinyatakan lewat sang pemuda tadi. Sang pemuda tadi menyatakan kebaikan dan belas kasih kepadaku sebagai wujud belas kasih dan kebaikan kepada  Allah.

Aku telah merasakan belas kasih dan kebaikan Allah dan sesama. Dan sudah berapa  ratus,  berapa ribu dan berapa juta aku telah merasakan kebaikan dan belas kasih Allah dan sesama. Maka, aku pun hendaknya berbuat baik dan berbelas kasih terhadap Allah dan sesamaku. Dalam hidupku aku berprinsip, " Jangan berhenti berbuat baik dan berbelas kasih walau hanya kebaikan dan belas kasih yang sederhana dan kebaikan serta belas kasih yang kita buat itu ditanggapi dengan berbagai macam  pendapat.


Yesus mengharapkan kepada kita untuk berbuat baik dan memancarkan belas kasih Allah kepada sesama.
( inspirasi : Lukas 10:25-37 ,  05 Oktober, Suhardi )

No comments: