Thursday, October 15, 2020

Yesus Mengecam Orang-Orang Farisi

 Tiga hari ini Yesus memang mengecam keras kepada  orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat.Yesus mengecam keras kepada mereka bukan karena benci sama pribadinya, tetapi Yesus benci sikap dan perbuatannya. Yesus memang membenci sikap dan tindakan orang yang hanya mengutamakan kepentingan pribadinya dengan mengesampingkan nilai-nilai cinta kasih dan kebaikan kepada sesama dan Tuhan.Yesus membenci sikap dan tindakan orang yang memahami nilai nilai Kerajaan Allah, tetapi tidak mau mengajarkan dan tidak mau masuk ke dalam Kerajaan Allah itu, bahkan justru menghalang-halangi orang lain untuk memahami dan masuk ke dalam Kerajaan Allah. 

Yesus mengecam mereka agar mereka tidak menampilkanm kepalsuan dan kemunafikan dalam hidupnya. Yesus mengecam mereka agar mereka tidak  mengutamakan hal-hal yang lahiriah semata,kehormatan,jabatan, popularitas dan nama baik. 

Walaupun mereka mau ditunjukkan ke jalan kebenaran, mereka tidak mau menerima jalan kebenaran yang dibawa oleh Yesus.Mereka justru memusuhi Yesus bahkan mau menyingkirkan Yesus dari tengah-tengah mereka.Maka, mereka berusaha mencari-cari alasan yang boleh dimanipulasi untuk melenyapkan Yesus. 


Refleksi : Apakah Yesus juga mengecamku saat ini ? Yesus akan menyambut kita dengan sukacita ketika kita dengan rendah hati untuk memperbaharui kehidupan kita yang lebih mantap dan lebih baik dalam hal iman, harap dan kasih kita.Santa Theresia akan menolong kita.

( Lukas 11: 47-54, 15 Oktober , Suhardi )

No comments: