Thursday, June 4, 2020

Cinta Kasih Allah dan Sesama

Mahatma Gandhi adalah salah satu tokoh nasional agama Hindhu dari negara India. Walau dia beragama Hindhu, beliau mengagumi orang-orang kristiani. Mengapa ? Karena orang-orang kristiani mempunyai ajaran cinta kasih yang diajarkan oleh Kristus. " Seandainya orang kristiani sungguh-sungguh menjadi orang kristiani, maka dunia akan terasa damai," kata Mahatma Gandhi.

    Hari ini kita diingatkan kembali ajaran Kristus  kepada kita, yaitu tentang cinta kasih. Yesus bersabda, "Kasihanilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu. Dan hukum yang kedua ialah :Kasihanilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.Tidak ada hukum lain yang lebih utama daripada kedua hukum ini."

    Dua hukum itu menyatu seperti dua sisi dalam sekeping uang. Mengasihi Tuhan harus mewujud dalam kasih kepada sesama.Kasih kepada sesama berdasarkan kasih Allah yang lebih dahulu mencintai kita.                      Bunda Theresia pernah berkata, "Bagaimana kita bisa bilang mengasihi  Tuhan yang tidak tampak, sedangkan kita tidak mampu mengasihi manusia yang kelihatan ada di sekitar kita?"

     Bisakah kita sungguh-sungguh menjadi orang kristiani? Marilah kita mempraktekkan cinta kasih Allah dan sesama serta alam lingkungan kita dalam realitas kehidupan kita, sehingga kelak kita bisa masuk surga.

( inspirasi : Iniil Markus 12: 28b-34,   04 Juni, Suhardi )

No comments: