Wednesday, June 17, 2020

Puasa, Sedekah dan Doa

Gaya hidup mana  yang mewarnai kehidupan dunia kita saat ini? Gaya hidup itu adalah memperlihatkan sesuatu yang kita miliki/aktifitas maupun perasaan kita kepada orang lain dan berharap orang lain memberi tanggapan atau penilaian terhadap yang kita perlihatkan itu. Memperlihatkan sesuatu yang kita miliki, aktivitas, maupun perasaan telah menjadi gaya hidup yang dialami oleh sebagian besar dari manusia milineal saat ini, mulai  dari anak anak sampai orang tua.  Apa yang kita miliki, seperti barang-barang, perasaan sedih maupun bahagia, kita tunjukkan di media sosial. Bahkan, mau makan pun, makanan dan minumanya difoto terlebih dulu untuk dipajang di medsos sebelum dimakan.

Memperlihatkan sesuatu yang kita miliki, aktivitas maupun perasaan kita,  bisa merasuk dalam dunia hidup kita yang lain, yaitu dalam hal berpuasa, bersedekah dan berdoa. Bisa jadi, ketiga aktivitas hidup kita itu menjadi ajang untuk selalu diperlihatkan kepada orang lain.

     Hari ini Yesus memberi teguran kepada kita dalam hal berpuasa, bersedekah dan berdoa. Yesus berpesan agar  berpuasa, bersedekah dan berdoa bukan menjadi sarana untuk memamerkan kesalehan hidup kita. Tetapi, semuanya itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup pribadi kita, membentuk solidaritas dan kepedulian kita terhadap sesama serta menjadi sarana membangun relasi dan komunikasi dengan Allah. Ya Tuhan, semoga puasa, derma dan doa yang aku lakukan semakin meneguhkan imanku.***

( inspirasi : Injil Matius 6:1-6.16-18, 17 Juni , Suhardi )

No comments: