Monday, June 29, 2020

Di Atas Batu Karang

Pasti  Anda tahu ungkapan kata ini , " Ngak kenal ngak sayang". Arti ungkapan ini mau mengatakan bahwa mengenal dengan baik dan benar orang lain menjadi langkah selanjutnya untuk sungguh-sungguh mampu mencintainya.

Dalam bacaan Injil hari ini Yesus bertanya kepada para murid-Nya untuk mengetahui apakah mereka sungguh sungguh mengenal diri-Nya dengan baik dan benar. Yesus bertanya , " Kata orang siapakah Anak Manusia itu?" Simon Petrus sungguh-sungguh mengenal Yesus, makanya dia menjawab" Engkau adalah Mesias,Anak Allah yang hidup." Karena itulah Yesus mempercayakan kepada Petrus sebagai pemegang kunci pintu kerajaan surga. " Engkau adalah Petrus,dan di atas batu karang ini akan Kudirikan jemaatKu,dan alam maut tidak akan menguasainya.Kepadamu akan Kuberikan  kerajaan surga,dan apa yang kau lepaskan di dunia ini akan terlepas di surga."  Walau pernah menyangkal Yesus tiga kali,tapi Petrus sangat mengenal dan mencintai Yesus.

Demikianlah Rasul Paulus juga sangat mengenal Kristus,sehingga ia sungguh mencintaiNya.Setelah penampakan Yesus kepadanya dan demi cintanya kepadaNya, dia mewartakan Kristus ke mana-mana.Dia telah sampai pada garis akhir dan sudah menyelesaikan pertandingan hidupnya hanya untuk Kristus.
Pada hari raya St Petrus dan Paulus pada hari ini, marilah kita belajar dari mereka, yang sungguh mengenal siapakah Kristus, sehingga mampu mencintaiNya melebihi apapun dan siapapun.
( Inspirasi:Injil Matius 16:13-19,  29 Juni, Suhardi ).

No comments: