Friday, November 18, 2022

Merdeka Berpikir

 

Menilai perdebatan di SMA Tarsisius Vireta tentang kurikulum cukup menarik perhatian. Anak-anak SMA/SMK sekaligus peserta lomba ternyata memiliki data tentang kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka  yang cukup kuat dan dengan data itu mereka bisa beradu argumentasi. Perdebatan yang menarik ini bisa melahirkan pertanyaan penting bagi kita. Seberapa penting pengaruh kurikulum terhadap dunia pendidikan dan dampaknya pada anak-anak sekolah? Pertanyaan ini menjadi penting karena sepanjang sejarah perjalanan pendidikan Indonesia, sudah beberapa kali terjadi pergantian kurikulum. Kesan kuat yang muncul adalah setiap kali pergantian presiden, pada saat yang sama, kurikulum diganti dan ditawarkan kurikulum yang baru.

Pada masa pemerintahan Jokowi ini, menteri pendidikan menggulirkan kurikulum baru yang “dibaptis” dengan nama kurikulum merdeka. Walaupun penerapan kurikulum ini masih terbatas namun esensi utama dari kurikulum ini lebih menekankan pada proses pembelajaran. Ada empat kekuatan pokok yang bisa memberi warna kurikulum merdeka ini, yakni:  struktur kurikulum lebih fleksibel, fokus pada materi esensial, penggunaan beragam perangkat ajar, pemanfaatan teknologi digital.

Terkait materi debat tentang kurikulum, cukup banyak disoroti mengenai pemilihan materi esensial pada kurikulum merdeka dan pada kurikulum 2013 lebih banyak materi yang dibebankan pada siswa. Pemilihan materi esensial pada kurikulum baru ini mengingatkan kita akan penerapan kurikulum di beberapa negara dengan memperhitungkan juga dunia kerja. Rancangan kurikulum dalam dunia pendidikan, tidak bisa berdiri sendiri tetapi juga para perancang kurikulum harus mampu adopsi kurikulum itu dengan konteks dunia kerja. Mengapa harus ada keterkaitan antara kurikulum dengan dunia kerja? Karena seluruh proses pembelajaran itu harus diimbangi dengan dunia kerja sebagai basis akhir dari proses pencarian kerja bagi anak-anak yang lulus sekolah.


Rancang bangun kurikulum mestinya menjawabi tantangan pada dunia kerja. Sebagai contoh di negara Thailand yang menghidupkan dunia pertanian modern, maka  kurikulum yang dirancang mendukung dunia kerja terutama menghidupi dunia agrikultura. Dengan dukungan pendidikan ini maka orientasi masyarakat sebagai produk akhir dari pendidikan, menyiapkan skill yang baik untuk langsung terpakai pada dunia kerja. Untuk Indonesia sendiri, belum menentukan jati diri, apakah sebagai negara agraris atau industri? Namun rancangan kurikulum dan perhatian pemerintah lebih mengarah pada dunia industri dan teknologi. Karena itu anak-anak perlu dipersiapkan secara maksimal tentang dunia industri dan teknologi melalui pemilihan materi esensial.***(Valery Kopong)

 

 

 

 

No comments: