Saturday, September 5, 2020

Melaksanakan Aturan Secara Bijaksana

 Peraturan merupakan sesuatu yang  penting dalam kehidupan manusia.Coba, bayangkan jika kehidupan kita itu tanpa aturan.Pasti akan tercipta kehidupan"bar-bar". Siapa yang kuat,dia yang akan bertahan hidup.   Aturan dibuat dengan tujuan supaya manusia hidup lebih baik, aman dan teratur.Peraturan dibuat untuk memanusiakan manusia, bukan membelenggu dan membebaninya.Tidak ada di dunia ini yang tidak memiliki hukum/aturan.Dan aturan/hukum dibuat bukan untuk dilanggar. 

Bacaan Injil pada hari ini bukan mengajarkan kepada kita untuk melanggar peraturan/hukum.Yesus mau menegaskan bahwa kita hendaknya mentaati hukum/aturan secara bijaksana. Ketika Yesus diserang oleh orang Farisi yang melihat murid-muridNya melanggar aturan hari Sabat, Yesus mengambil contoh apa yang dilakukan Daud dan para pengikutnya ketika mereka sedang lapar. Mereka mengambil roti dan memakannya, padahal sebenarnya tidak dijinkan untuk memakan roti yang sudah dipersembahkan untuk imam. Yesus mau menegaskan bahwa kita hendaknya melakukan aturan secara bijaksana. Kita melakukan aturan untuk memanusiakan manusia, untuk menyelamatkan hidup manusia.    


Ketaatan terhadap aturan/hukum tidak salah.Dan memangnya hendaklah demikian.Tetapi kita hendaknya mentaati hukum/aturan secara bijaksana.Hukum cinta kasih lebih utama dari hukum /aturan yang lain. Marilah kita belajar untuk makin bijaksana dalam menerapkan hukum/aturan yang ada.
(Inspirasi : Lukas 6: 1-5, 05 September,  Suhardi )

No comments: