Wednesday, September 16, 2020

Setia Dalam Iman

 Hari ini Gereja Katolik memperingati Santo Cornelius dan Siprianus.Santo Cornelius ditunjuk sebagai seorang Paus karena adanya kekosongan jabatan Paus.Beliau ditunjuk sebagai seorang Paus,pasti beliau mempunyai keistimewaan dalam kesaksian hidupnya.Saya membaca bahwa beliau adalah seorang Imam, Paus yang rendah hati,setia dalam iman dan menjaga kesatuan Gereja serta beliau adalah seorang martir. Santo Siprianus adalah sahabat Paus Cornelius dalam membela ajaran Gereja Katolik dan menjaga persatuan Gereja.

Bacaan Injil pada hari ini menyinggung soal kesaksian kehidupan Yohanes dan Tuhan Yesus, yang sama-sama mendapat tantangan dan penolakan dalam hidupnya.Ada persamaan kesaksian hidup di antara Yesus,Yohanes, Paus Cornelius dan Siprianus yaitu pribadi yang rendah hati, tegas dalam prinsip lembut dalam cara dan menjadi martir. 

Santo Cornelius dan Siprianus menjadi martir kerena kesetiaannya pada ajaran Katolik dan cintanya kepada Yesus.Yohanes Pembabtis setia selamanya sampai menjadi seorang martir.Yesus juga menunjukkan hal yang sama sebagai martir di kayu salib. Ternyata berkarya untuk keselamatan umat manusia, setia terhadap iman dan menjaga kesatuan Gereja itu ngak gampang.Kita menghadapi rasa suka dan duka.Kita menghadapi penerimaan dan penolakan.Tetapi,kalau kita berkarya bersama Yesus dan untuk Yesus, pasti kita akan membawa kemenangan, sukacita , dan kehidupan kekal.  
(Inspirasi:Lukas 7:31-37, 16 September,Suhardi)

No comments: