Tuesday, September 22, 2020

Transformasi Hidup sebagai Murid Yesus

Apa konsekwensi kita mengikuti Yesus? Konsekwensinya adalah adanya kesediaan untuk terjadinya transformasi hidup.Transformasi hidup dapat terjadi kalau kita selalu terbuka terhadap penerangan Roh Kristus. 

Bacaan Injil menceritakan bagaimana Matius,seorang pemungut cukai, yang dianggap kaum pendosa, dapat mengikuti Yesus.Di sini terjadi transformasi hidup, dari seorang pemungut cukai menjadi seorang murid Yesus.Transformasi hidup Matius terjadi bukan karena gerakan dirinya sendiri, tetapi Pribadi Kristus yang menarik dia untuk mau mengikutiNya. Hal yang menarik dalam transformasi hidup Matius adalah bahwa dia langsung bergegas untuk mengikutiNya, tanpa bertanya apa yang dia akan dapat selama mengikutiNya dan bagaimana dengan kekayaan yang dimilikinya.Semuanya itu dia singkirkan dari pikirannya. Bagi dia yang penting adalah mengikuti Yesus. 


Kita perlu berefleksi diri sebagai seorang murid Yesus, jika kita tidak mengalami transformasi hidup.Transformasi hidup dapat terjadi ketika kita meninggalkan hidup lama dan mengenakan gaya hidup baru dalam terang dan semangat Kristus.Kita hilangkan rasa dengki,sakit hati,dendam,benci dengan sesama.Itu semua kita ubah dengan kebaikan dan cinta kasih.Kita hilangkan sifat-sifat malas dalam pelayanan dan pengorbanan.Kita ganti dengan semangat pelayanan dan sifat murah hati.
Mengikuti Yesus hendaknya mengalami tranformasi hidup yang lebih baik.
(Inspirasi:Matius 9:9-13,  21 September, Suhardi)

No comments: