Wednesday, September 9, 2020

Sabda Bahagia

Setiap orang pasti ingin bahagia.Ada yang mengukur kebahagiaan itu dilihat dari harta kekayaannya,jabatannya,status sosialnya.Yesus mempunyai kriteria lain yang dianggap bahagia. Menurut Yesus, orang yang berbahagia adalah mereka yang miskin,lapar, menangis dan dibenci karena Anak Manusia.Orang miskin yang dimaksud di sini adalah orang yang saleh,orang bersahaja.Orang yang suka mendengarkan sabda dan pengajaran Yesus,sehingga Ia hanya menggantungkan sepenuhnya pada Yesus sebagai sumber kekayaan hidupnya.

Orang yang bahagia adalah orang yang lapar.Yang dimaksud di sini adalah orang yang sedang mendengarkan Sabda dan pengajaranNya, sehingga mereka akan mendapatkan kepuasan perjamuan surgawi.Orang yang bahagia adalah orang yang menangis dan dibenci karena Anak Manusia.Yang dimaksudkan di sini adalah orang yang mengalami penindasan dan penganiayaan karena mengimani Kristus.Yesus akan menjanjikan sukacita Mesianis dimana mereka akan tertawa bahagia. 

Di lain pihak Yesus memberi peringatan bagi yang kaya,yang kenyang dan tertawa.Orang kaya yang hanya mengandalkan hidupnya pada dirinya sendiri dan tidak mau bersolider dengan sesamanya dikecam oleh Yesus.Mereka terikat oleh kekayaannya sehingga lupa terhadap Tuhan dan sesamanya. Marilah kita menggantungkan hidup kita pada Yesus sebagai sumber kekayaan hidup kita dan mau membagi berkat-berkat yang Tuhan berikan untuk sesama,sehingga kita akan berbahagia.
(Lukas 6:20-26, 09 September, Suhardi)


No comments: