Tuesday, September 8, 2020

Terlibat Dalam Karya Keselamatan Allah

Gereja Katolik sangat menghormati Bunda Maria karena keteladanan hidupnya yang setia dan mentaati Allah, yakni mengandung dan melahirkan Yesus, Sang Mesias.Berbagai bentuk penghormatan diberikan kepada Bunda Maria dan salah satunya adalah hari ini, setiap tanggal 8 September ditetapkan sebagai hari pesta kelahiran Santa Perawan Maria. 

Perayaan hari kelahiran Bunda Maria sendiri merupakan sebuah devosi populer yang dimulai sejak abad ke VI Masehi.Perayaan ini dimulai di Yerusalem, lalu menyebar ke seluruh dunia, sebagaimana dinyatakan oleh G. Mealo dalam tulisannya yang berjudul NATIVITA DI MARIA.Lalu pada abad ke 7 Masehi pesta ini dimasukkan dalam kalender liturgi.

Apa yang dapat kita refleksikan pada saat kita memperingati pesta Kelahiran Bunda Maria hari ini ? 


Tuhan mempunyai rencana dan karya keselamatan bagi umat manusia. Lalu, Tuhan memilih orang-orang yang bersedia terlibat dalam rencana dan karya keselamatanNya. Bunda Maria telah dipilih untuk mengandung dan melahirkan Yesus yang menyelamatkan umat manusia dari belenggu dosa.Dengan panggilan hidup kita masing-masing, Tuhan juga memanggil kita semua untuk ikut terlibat dalam keselamatan Allah.Dengan iman kita percaya bahwa Allah akan tetap bekerja demi kebaikan kita yang mau mengasihiNya dan mau dilibatkan dalam  karya keselamatan Allah.Bersediakan Anda dan saya ikut ambil dalam karya keselamatan Allah ?
(Inspirasi:Matius 1:1-16.18-23, 08 September, SUHARDI )

No comments: