Friday, September 11, 2020

TEKEN,TEKUN,TEKAN

 Teken ( tongkat ) merupakan alat untuk menuntun jalan dan menopang perjalanan hidup, sehingga dapat "tekan" (sampai) pada tujuan kehidupan kita. " Teken" yang sesungguhnya adalah Yesus.Yesus bersabda," AKULAH JALAN, KEBENARAN DAN HIDUP." Untuk "tekan" pada tujuan kehidupan kita , maka dibutuhkan tekun dalam menghayati dan menghidupi iman kita akan Yesus Kristus. 

Bacaan Injil hari ini mengingatkan kepada para muridNya agar menjadi penuntun jalan  yang benar. Untuk menjadi penuntun jalan yang benar maka mereka hendaknya tekun belajar dari Yesus, Sang Guru Sejati,  sehingga mereka tidak menjadi " orang buta" . Karena Yesus sendiri  bersabda, " BAGAIMANA MUNGKIN ORANG BUTA MENUNTUN ORANG BUTA." Tentu saja tidak masuk akal, kalau "orang buta" mau menunjukkan jalan keselamatan, kalau dirinya sendiri tidak mengenal, tahu dan mendalami jalan menuju keselamatan itu sendiri. 

Dalam dunia saat ini banyak orang mengalami "buta" secara rohani, karena matanya terhalangi oleh kepentingan-kepentingan lahiriah semata, yang membuat mereka tidak mampu mengungkapkan dan mewujudkan cinta kasihnya kepada Tuhan dan sesamanya. Di sinilah dibutuhkan orang -orang yang mampu menuntun mereka ke jalan yang sebenarnya.


 Marilah kita belajar dengan tekun dari Sang Guru Sejati, Sang "TEKEN" SEJATI, YESUS sehingga kita mampu menuntun orang "tekan" pada tujuan hidupnya, yaitu hidup kekal bersama dengan Kristus di dalam KerajaanNya.
(Inspirasi:Lukas 6:39-42, 11 September,  Suhardi )

No comments: