Friday, July 17, 2020

Martabat Manusia

Dalam situasi pandemi wabah virus corona ini, banyak aturan yang diciptakan untuk mengatur kehidupan manusia ,diantaranya: jaga jarak, memakai masker,mencuci tangan dengan deterjen.Aturan itu diciptakan untuk membebaskan manusia dari terjangkitnya penyakit virus corona dan menyelamatkan hidupnya.Aturan itu diciptakan bukan untuk membelenggu manusia dari aturan itu.

Bacaan Injil pada hari ini menceritakan tentang perbedaan pendapat antara Yesus dengan orang Farisi tentang hari Sabat.Yesus menegaskan bahwa agar manusia tidak dikorbankan demi aturan, tetapi aturan dipergunakan untuk kepentingan manusia. Aturan diciptakan untuk mengantar jalan keselamatan umat manusia. Orang Farisi lebih mengedepankan aturan secara harafiah, sehingga manusia dapat terbelenggu dari aturan yang diciptakan sendiri. Tuhan Yesus lebih menghendaki kebaikan dan kesejahteraan manusia serta tidak pertama-tama menuntut pemenuhan aturan  yang sekecil-kecilnya sebab aturan  bukanlah tujuan. Kesejahteraan dan keselamatan umat manusialah yang menjadi tujuan dan ukuran Yesus.

 Kita hendaknya mentaati aturan-aturan protokol kesehatan covid 19, yang membebaskan kita dari penyakit virus corona dan menjaga keselamatan hidup kita. Aturan diciptakan untuk mengangkat martabat dan keselamatan manusia. Maka, kita hendaknya taat dan melaksanakan aturan yang mengangkat martabat dan menyelamatkan hidup manusia.
( Inspirasi: Matius : 12:1-8, 17 Juli,  Suhardi )

No comments: