Monday, July 27, 2020

Melakukan Hal Kecil

Suster Theresia Kanak-kanak Yesus dinyatakan sebagai seorang Santa  bukan karena dia melakukan sesuatu yang  luar biasa, tetapi dia melakukan hal-hal kecil dan sederhana. Dia  melakukan tugas harian di komunitas biaranya dengan setia. Dia melakukan doa harian dengan setia. Dia melakukan hal hal baik yang kecil  dan sederhana tapi berpengaruh terhadap sesuatu yang lebih besar bagi hidup dan karya komunitasnya.

Bacaan Injil pada hari ini menceritakan pengajaran Yesus tentang Kerajaan Surga dengan menggunakan dua perumpamaan, yaitu biji sesawi dan ragi. Kedua benda ini kecil tapi ketika ditaburkan akan menjadi sesuatu yang luar biasa dan dahsyat.  Bila kita menaburkan Kerajaan Allah di tengah- tengah keluarga, masyarakat, Gereja atau di  tempat kerja dengan tindakan-tindakan kecil dan sederhana akan membawa pengaruh yang besar dan dahsyat dalam kehidupan di keluarga, masyarakat ,Gereja atau di tempat kerja kita itu. Maka, kita hendaknya tetap setia menghadirkan Kerajaan Allah dengan tindakan- tindakan kecil dan sederhana, tapi akan berpengaruh besar dan dahsyat dalam kehidupan komunitas kita.
Kita tidak  boleh meremehkan peran atau tindakan-tindakan kebaikan dan cinta  yang kecil dan sederhana dari orang lain. Kita ngak boleh minder dengan peran kita yang kecil dan sederhana, tapi peran itu berpengaruh terhadap sesuatu yang lebih besar.
( inspirasi : Matius 13:31-35,   27 Juli,  Suhardi )

No comments: