Wednesday, July 22, 2020

Pembaharuan Hidup

Pada hari ini Gereja merayakan pesta Santa Maria Magdalena. Ia adalah  salah satu tokoh wanita yang luar biasa dalam pemb
aharuan hidupnya. Menyadari akan kelemahan dan dosanya, dia bertobat,memberikan minyak zaitun yang paling harum di kaki Yesus, mencintai dan mencari Yesus, merasakan kepedihan Yesus di saat Yesus memanggul salib ke puncak Golgota, menyaksikan langsung kematian Yesus di kayu salib, mengantar Yesus di tempat makam serta dia menyampaikan kabar sukacita  kebangkitan Tuhan Yesus kepada para rasul. Seorang tokoh wanita yang bisa diteladani dalam pembaharuan hidupnya dari zona kuning, merah bahkan hitam kehidupannya menuju zona hijau bahkan zona putih. Dia sungguh-sungguh memperbaharui hidup dan imannya.

Bacaan Injil pada hari ini menegaskan bagaimana Maria Magdalena sebagai seorang wanita yang sungguh memperbaharui hidupnya.Dia berusaha mencari Yesus, bahkan ketika Yesus berada di makam. Makanya, pagi-pagi benar dia pergi ke kuburan Yesus, tapi dia tidak menemukan mayat Yesus.Yesus menampakkan diri kepadanya dan mohon menyampaikan berita kebangkitan-Nya kepada para rasul. Dia mempunyai peran yang penting dalam menyampaikan kabar kebangkitan Yesus.   

Kita adalah manusia yang lemah dan berdosa. Kita hendaknya berusaha memperbaharui zona kehidupan kita dari zona kuning,merah bahkan hitam menuju zona hijau bahkan putih,sehingga kelak kita dapat berjumpa dengan Yesus di dalam Kerajaan Surga.
(inspirasi:Yohanes 20:1.11-18,  22 Juli,  Suhardi  )

No comments: