Tuesday, July 14, 2020

Pertobatan Diri

Bacaan Injil pada hari ini menceritakan tentang Yesus yang mengecam kota Khorazim, Betsaida dan Kapernaum, karena di kota-kota itu Yesus melakukan banyak mukjizat, tetapi orang-orang di situ tidak bertobat dan percaya pada Yesus. Mereka dikecam karena mereka hanya terpesona akan mukjizat-Nya namun tidak sampai percaya dan bertobat. Mereka dikecam karena menyambut dingin karya Tuhan di tengah mereka. Kota-kota itu termasuk daerah  yang pertama kali mendengar berita pertobatan yang disampaikan Yesus.Yesus bahkan memilih Kapernaum sebagai kediaman-Nya sekeluar dari Nazaret. Namun kota-kota itu tidak bergeming. Berita Injil dan mukjizat Tuhan tak menggugah mereka bertobat dan berbalik dari kejahatan mereka.

Dalam kehidupan,  sebenarnya kita  mengalami banyak mukjizat dari Tuhan.Tetapi seringkali kita tidak menyadari bahwa itu sebenarnya sebuah mukjizat. Kita diberi nafas kehidupan, kita diberi rejeki yang cukup bahkan melimpah, kita diberi alam yang subur dan kaya akan sumber kekayaan alam, kita diberi pemulihan dari sakit penyakit, kita terhindar dari sakit virus corona, kita diberi kesehatan yang baik,  kita bisa melihat, mendengar, berkata-kata dan menyayangi. Itu semua adalah mukjizat yang Tuhan buat kepada kita.

Marilah kita menyadari bahwa Tuhan selalu membuat mukjizat kepada kita dan mukjizat Tuhan itu menjadi sarana bagi kita untuk makin dekat dengan-Nya serta  memperbaharui hidup kita ke arah yang lebih baik.

( Inspirasi:Matius 11:20-24, 14 Juli, Suhardi )

No comments: